Mempelajari Sebuah Alat Ukur atau Instrumen Baru

Jika Anda kerja di bagian SDM mungkin Anda pernah ditawari untuk membeli sebuah alat ukur yang Anda sendiri belum familiar dengan alat tersebut. Bagaimana caranya agar Anda dapat memahami alat tersebut sehingga ketrampilan dan pengetahuan Anda meningkat dalam menggunakan alat ukur tersebut?

Di bawah ini langkah-langkah untuk menjadi lebih familiar dengan sebuah alat ukur baru:

  1. Bacalah manual alat ukur secara menyeluruh, khususnya di bagian yang berkaitan dengan pengembangan, validitas, dan norma.
  2. Cobalah gunakan alat ukur tersebut pada diri sendiri. Usahakan untuk mengikuti sesuai instruksi meng-administrasikan alat ukur tersebut berdasarkan manual yang ada.
  3. Estimasi performance Anda pada saat menjalankan tes tersebut. Sejauhmana Anda yakin Anda berhasil mengerjakannya dengan baik? Apa yang kira-kira tes tersebut katakan tentang diri Anda?
  4. Skoring (beri nilai) hasil tes Anda dan bandingkan dengan prediksi Anda pada kinerja aktual pada saat menjalani tes tersebut.
  5. Jika prediksi Anda mendekati target, Anda memiliki insight mengenai alat ukur tersebut dan bagaimana menginterpretasikan data dari tes tersebut. Jika prediksi Anda berada di bawah skor yang diberikan, pertimbangkan implikasi-implikasi dari temuan ini. Baca ulang manualnya dan lihat apakah Anda menangkap logika sebenarnya dan bagaimana seharusnya alat ukur tersebut diaplikasikan. Ingat ada dua kemungkinan kesimpulan yang muncul: kemungkinan prediksi Anda yang perlu dikalibari atau alat ukur tersebut tidak benar-benar valid. Hingga Anda benar-benar berhasil menyelesaikan dilema ini, menggunakan alat ukur ini dalam assessment bukanlah pilihan yang bijak.
  6. Administrasikan alat ukur pada beberapa orang kenalan atau rekan kerja yang Anda kenal dengan baik adalah cara lain untuk mempelajari sebuah alat ukur. Tapi ingat, adalah sangat berguna untuk memprediksi skoring mereka didasarkan pada pengetahuan Anda tentang mereka dan kemudian carilah jalan keluar untuk dari gap yang ada, sekurang-kurangnya dalam pikiran Anda sendiri.

Share this post :
Tagged with: , , , , , , , , , , , , , , , ,
Posted in Assessment & Measurement
2 comments on “Mempelajari Sebuah Alat Ukur atau Instrumen Baru
  1. robith says:

    siiiip

    Dear Robith,
    terima kasih.

  2. Rere says:

    apakah alat tes ada diperjual belikan? Tempat kami membutuhkan alat tes untuk psikotes calon karyawan tapi kami ingin tidak menggunakan jasa psikolog.

    Jawab:
    Mungkin sebaiknya Anda membuat sendiri alat tes yang sesuai kebutuhan Anda dengan menggunakan jasa tes publisher dengan demikian perusahaan Anda memiliki alat tes sendiri dan kemungkinan tersebar luas menjadi lebih kecil karena hanya Anda yang pegang kunci jawabannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Buku

Latest Tweet

Home Widget 2

This is your second home widget box. To edit please go to Appearance > Widgets and choose 7th widget from the top in area 7 called Home Widget 2. Title is also manageable from widgets as well.

Quotes of the day

Do not anticipate trouble, or worry about what may never happen. Keep in the sunlight.
Benjamin Franklin