Tes Psikometri sebagai Alat Seleksi Perusahaan

Tes Psikometri

Perusahaan-perusahaan besar yang memiliki metode seleksi sendiri, biasanya memiliki dua dari tiga tipe tes psikometri berdasarkan diagram di atas. Paling tidak, ability test dan personality questionnaire dimiliki oleh perusahaan untuk menjaring calon pegawainya menggunakan pendekatan psikometri.

Tujuan tes seleksi ini adalah meyakinkan perusahaan untuk mendapatkan calon yang paling cocok dengan pekerjaan dan budaya perusahaan tersebut. Tujuan tes psikometri yang utama adalah menemukan calon yang memiliki kemampuan-kemampuan spesifik dan/atau kualitas-kualitas kepribadian yang cocok dengan spesifikasi pekerjaan yang dilamar.


Share this post :
Tagged with: , , , , , , , ,
Posted in HR Topics
10 comments on “Tes Psikometri sebagai Alat Seleksi Perusahaan
  1. koko says:

    Dear
    beberapa saat lagi saya berencana untuk melakukan rekrutmen karyawan baru pada posisi akuntansi, test apa yang cocok untuk posisi tersebut diatas dipandang dari psikologi

    regards
    Koko

    Dear Koko,

    Tes yang sesuai kebutuhan Anda mungkin tes psikologis standar, yaitu tes inteligensi, minat/sikap kerja, dan kepribadian. Nah, untuk tes kepribadian, ini perlu ditekankan. Seorang akuntan, haruslah orang yang teliti, senang bekerja dengan detail-detail, dan terutama mampu bekerja dengan angka, serta kuat menghadapi stress dalam pekerjaan. Jadi carilah alat tes yang dapat mengukur hal-hal tersebut.

    salam

  2. Nur Yulianto says:

    Jenis alat tes apa saja untuk seleksi calon karyawan bagian hrd

    Dear Nur,

    Untuk seleksi calon karyawan bagian HRD, selain penting mengukur kemampuan teknisnya (pengetahuan HRD), juga penting mengukur aspek psikologis-nya, seperti inteligensi, sikap/minat kerja, dan kepribadian. Selain itu, kompetensi adalah hal yang penting juga untuk diukur. Untuk staf HRD, selain kompetensi inti, setidaknya 3 kompetensi ini perlu dinilai, yaitu, fleksibelitas, achievement motivation, dan inisiatif.

    salam,
    andin

  3. Dani Restu says:

    Saya melamar pekerjan sebagai “maintenance planner”. Jenis psikotest apa yang harus dominan? Terus test yg berisi meneruskan gambar/simbol selanjutnya itu bertujuan untuk apa?

    Dear Dani,
    Hampir semua seleksi pegawai yang menggunakan tes psikologis , pastinya mengukur kepribadian, inteligensi, sikap kerja, dan kompetensi. Dan ini hampir digunakan untuk setiap pekerjaan. Kecuali ada kebutuhan khusus, mungkin juga mengukur kejujuran/integritas, dll. Pada hampir semua tes yang tidak membutuhkan jawaban benar salah, mengukur kepribadian, motif, atau minat. termasuk juga tes yang menggunakan gambar atau simbol.

    Demikian Dani. Salam

  4. leezy says:

    saya harus menyeleksi karyawan baru untuk HRD, tapi saya belum pernah melakukan test pengetahuan HRD. Bagaimana ya caranya dan dimana saya bisa mendapatkan materi soal-soal untuk test itu, mohon bantuannya ya, trims.

    -liza-

    Jawab:
    Mungkin Anda bisa coba membuat sendiri berbasiskan buku-buku textbook HR yang ada, cari yang memberikan pertanyaan multiple choice dan jawabannya. Sehingga Anda memiliki kunci jawaban untuk menskoring tes yang Anda buat, kemudian Anda buat sendiri patokan batas kelulusan, katakan 80% jawaban benar sebagai batasan minimal sehingga yang nilainya dibawah itu tidak memenuhi kriteria.

  5. inteligensi says:

    Perlu ditekankan di sini bahwa apa yang kita bicarakan bukanlah ?komponen-komponen? inteligensi yang berbeda. Keenam inteligensi yang dimaksud adalah enam sistem otak yang terpisah dan berbeda serta berkembang, dan melaksanakan fungsinya, dalam kompleksitas intelegensi kita.

    Jawab:
    🙂

  6. kristina nova says:

    institusi saya akan merekrut beberapa peneliti di bidang pertanian.
    kira-kira test apa yang perlu diberikan untuk bisa mendapatkan peneliti yang baik?
    terima kasih

    Jawab:
    1. ia harus memiliki minat karir investigatif (menggunakan teori Holland) dapat Anda cek di konsultankarir.com
    2. Kepribadian openminded, persisten, fleksibel, dan antusias dengan hal-hal baru, juga memiliki inisiatif dan kreatifitas yang baik.
    3. Cek juga apakah dibutuhkan peneliti yang spesialis atau yg bersifat managerial, jika managerial penting untuk melihat kemampuannya dalam berinteraksi dengan orang lain.
    4. Cek juga aspek inteligensinya, peneliti biasanya harus memiliki kecerdasan yang cukup tinggi dan kemauan untuk belajar yang besar.

  7. Dydi says:

    Saya akan melakukan test psikologi managerial untuk level superintendent. Kira kira dalam test seperti ini, biasanya perusahaan menggunakan test yang mana ya Bung? Terima kasih bantuan dan kerjasamanya.

    Salam

  8. jen says:

    Saya mau tanya, untuk tes karyawan baru jenis perusahaan hospiotality/hotel
    Jenis test apa untuk karyawan posisi
    a) Marketing/PR
    b) Waitress
    c) GRO
    d) Back Office
    e) Dept head/manager

    Terimakasih atas jawabannya.

  9. Abdurrachman says:

    Mohon petunjuk alat test apa yang direkomendasikan untuk test perekrutan karyawan bagian hygin technical. dan dimana bisa mendapatkan alat test tersebut

    • consulthr says:

      Tergantung dari apa yang ingin diukur. Jika kompetensi teknisnya (penguasaan terhadap bidang yang ditekuninya), berarti alat/instrumen yang digunakan berkaitan dengan pengetahuan dan kemampuannya di bidang hygin technical. Tetapi jika yang ingin diukur adalah kemampuan managerial/soft skill dapat digunakan pendekatan behavioral assessment.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Buku

Subscribe Artikel

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 8 other subscribers

Polling

Apakah Anda sudah merasa cocok dengan karir Anda saat ini?

View Results

Loading ... Loading ...

Latest Tweet

Subscribe Newsletter

Quotes of the day

Happy are those who dream dreams and are ready to pay the price to make them come true.
Leon J. Suenes