11 Pertanyaan Krusial Saat Membeli Inventori Kepribadian

Pernah dengar DISC, MBTI, OPQ? Ini adalah sebagian kecil dari beragam alat ukur yang terstandarisasi untuk menilai aspek psikologis diluar inteligensi/kemampuan. Alat-alat ini sering disebut kuesioner/inventori. Tujuannya bermacam-macam, diantaranya, mengukur minat, kepemimpinan, kompetensi, kepribadian, dsb. Apa yang harus Anda lakukan sebagai seorang HRD jika ditawarkan alat-alat ini? Inilah 12 Pertanyaan krusial yang wajib Anda tanyakan:

1. Untuk tujuan apa? Setiap alat ukur dibuat untuk mengukur sesuatu. Cek untuk tujuan mengukur apa alat tersebut dibuat. Apakah sesuai dengan kebutuhan Anda? Anda harus dapat mendapatkan informasi ini secara lengkap karena jika Anda salah mengidentifikasikan antara kebutuhan Anda dan tujuan dari alat tersebut dibuat, maka menjadi tidak berguna alat yang Anda beli tersebut.

2. Bagaimana bentuk laporannya? dengan melihat format laporan, Anda dapat mengetahui apakah inventori tersebut sesuai kebutuhan Anda atau tidak.

3. Apakah mudah digunakan? lihat format respon dan bagaimana teknik penskoran dilakukan. Ini memberikan gambaran bagaimana melakukan interpretasinya.

4. Apakah online? Alat ukur yang berbentuk online biasanya lebih murah dan dapat meminimalkan error saat melakukan interpretasi. Jika masih manual, tanyakan bagaimana cara meminimalkan error yang mungkin terjadi karena human error.

5. Dukungan teknikal apa yang diberikan? Pilihlah vendor yang memberikan dukungan teknikal, misal free support, updates, dan informasi yang dapat didownload dengan mudah. Jika skoring dapat dilakukan sendiri, tanyakan bagaimana cara menginterpretasikannya. Lebih baik lagi jika bisa mendapatkan training dan layananan purna jual yang kontinyu.

6. Apakah ada pilihan harga? Adakalanya perusahaan memiliki anggaran terbatas, sehingga perlu membatasi biaya tes per orang. Salah satu caranya adalah vendor menyediakan report versi full atau versi ringkas sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

7. Sejauhmana Anda dapat memodifikasi pernyataan yang ada dalam tes/inventori? biasanya jarang sekali Anda dapat memodikasi pernyataan. Tapi dimungkinkan jika Anda ingin menggunakan inventori tersebut sebagai bagian dari survei kepuasan pegawai misalnya.

8. Apakah akan ada masalah legal jika menggunakan inventori tersebut? Jika sampai terjadi masalah legal terhadap assessment yang dilakukan, apakah vendor mau menolong? apakah ada dukungan dari vendor? gunakan vendor yang bisa memberikan back up bukti scientific yang relevan dengan inventori tersebut.

9. Apakah memiliki manual teknis? Ini yang paling penting, jika Anda membeli inventori mulai dari materi pernyataan hingga ke interpretasi, Anda perlu mendapatkan informasi selengkapnya yang ada. Dalam hal ini manual teknis yang lengkap; cara peng-administrasi-an, cara skoring, dan cara interpretasi hasil. Disamping itu Anda juga perlu mendapatkan manual teoritis dan research yang mendukung proses pembuatan inventori tersebut.

10. Apakah inventori tersebut memiliki informasi psikometri yang lengkap? Pilihlah alat ukur yang dikonstruksikan atau didesain dengan metodologi ilmiah dan memakai norma yang sesuai serta memiliki informasi validitas dan reliabilitas yang terpercaya.

11. Apakah inventori tersebut merupakan adaptasi dari alat tes dari luar negeri? Banyak alat tes yang beredar di Indonesia merupakan translate saja dan tidak melalui proses adaptasi alat yang baku. Untuk memastikan bahwa alat tersebut benar-benar adaptasi, tanyakan informasi psikometri yang tersedia. Tanyakan sampel yang digunakan, reliabilitas, validitas, dan apakah ada item yang berubah atau dihilangkan dari yang asli. Dengan demikian Anda akan lebih yakin menggunakan alat tersebut.


Share this post :
Tagged with: , , , , , , , , ,
Posted in HR Topics

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Buku

Subscribe Artikel

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 8 other subscribers

Polling

Apakah Anda sudah merasa cocok dengan karir Anda saat ini?

View Results

Loading ... Loading ...

Latest Tweet

Subscribe Newsletter

Quotes of the day

Happy are those who dream dreams and are ready to pay the price to make them come true.
Leon J. Suenes