Mengapa perusahaan perlu mengetahui informasi dibalik tes psikologis atau tes psikometri

Adakalanya perusahaan yang ingin melakukan seleksi terhadap pegawai menggunakan tes psikologis untuk menilai keadaan psikologis calon pegawain. Namun apakah perusahaan tahu jenis alat tes yang digunakan dan apa kegunaan setiap alat tes bagi calon yang dites? belum tentu.

Banyak perusahaan menyerahkan proses asesmen  tanpa mencari tahu lebih banyak, padahal mengetahui alat tes yang digunakan merupakan kunci penting untuk mengetahui kesesuaian antara potensi, kemampuan, dan kepribadian calon dengan kebutuhan perusahaan, termasuk kesesuaiannya dengan jabatan/posisi yang akan diemban calon pegawai.

Di Indonesia, psikotes merupakan istilah yang umum digunakan untuk menjelaskan proses pemeriksaan psikologis calon pegawai. Setiap kita mendengar kata psikotes yang terbayang adalah tes mencari persamaan kata, menjumlahkan angka, mencari gambar yang sesuai, menyesuaikan dadu, menggambar orang, dsb. Ini merupakan tipikal psikotes di Indonesia. Sebagaian besar  mengukur kemampuan/kecerdasan nalar dan kepribadian, padahal tes psikologis bukan hanya psikotes, tetapi juga termasuk tes potensi, tes bakat, tes aptitude, tes kompetensi, tes kemampuan analitikal dll yang bahkan seringkali lebih dibutuhkan untuk meng-assess calon pegawai level manajer dibanding psikotes yang selama ini digunakan.

Saat ini istilah psikotes, menurut penulis, sudah tidak tepat lagi. Dengan berbagai ragam alat tes yang ada, penamaan psikotes menjadi kurang mencukupi sehingga kata yang tepat untuk pemeriksaan psikologis adalah tes psikometri, istilah ini juga merupakan istilah yang umum dipakai di negara-negara maju untuk melakukan asesmen psikologis yang menggunakan media alat tes.

Sudah saatnya perusahaan memiliki pemahaman yang mendalam mengenai berbagai alat tes psikologis yang ada. Terutama bila ingin merekrut level manajer, yang notabene tidak lagi membutuhkan tes kecerdasan/kemampuan yang seringkali disebut psikotes. Di level manajer informasi yang dibutuhkan perusahaan lebih pada informasi mengenai kemampuan/kompetensi calon manager tersebut dan bagaimana potensinya untuk berkembang di masa datang.

Jika perusahaan memang masih membutuhkan tes kecerdasan/kemampuan terhadap kandidat di level manajer, maka yang digunakan bukan lagi tes-tes yang juga digunakan untuk merekrut fresh graduate, melainkan tes yang memiliki level kesukaran yang lebih tinggi dan soal yang lebih bervariatif.


Share this post :
Tagged with: , , , , , , , , , , , ,
Posted in HR Topics
3 comments on “Mengapa perusahaan perlu mengetahui informasi dibalik tes psikologis atau tes psikometri
  1. Selamat launching anggrekindonesia.com Semoga melalui 2 days workshop kemarin baik tools, kiat dan tehnik nya bisa diterapkan dengan baik. Guru terbaik adalah implementasi dan pengalaman dalam internet marketing dan SEO. Good luck and Happy in Googling Business (Deny H)

    Selamat bergabung di dunia maya.
    Semoga sukses!!
    consultanthr.com

  2. betsy says:

    Salam
    Saya membutuhkan jasa psikotest untuk calon guru, bisa bantu? mohon hubungi 021-532XXXX

    Sdh difollow up

  3. rie says:

    Mohon info..
    selama ini sudah sering berlatih psikotes.. dan hasil dari latihannya selalu bagus baik online maupun dari buku komersil.. kadang nilai sampai >90%..
    tapi saya selalu gagal dalam psikotes..
    kira-kira kenapa ya??
    apa mungkin karena tes kepribadian??

    Bisa jadi karena kepribadian Anda yang kurang sesuai dengan pekerjaan yang ditawarkan atau bisa juga karena dalam proses wawancara Anda kurang berhasil. Nilai latihan yang bagus membantu Anda untuk mengenali bentuk-bentuk soal terutama untuk tes inteligensi, namun kalau untuk kepribadian itu tidak bisa pake latihan. Mungkin yang perlu dipelajari adalah persiapkan mental jika Anda tidak lulus, dan berupaya untuk tetap positif serta jangan mudah putus asa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Buku

Subscribe Artikel

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 8 other subscribers

Polling

Apakah Anda sudah merasa cocok dengan karir Anda saat ini?

View Results

Loading ... Loading ...

Latest Tweet

Subscribe Newsletter

Quotes of the day

Happy are those who dream dreams and are ready to pay the price to make them come true.
Leon J. Suenes