Rahasia mengatasi stress saat menjalani psikotes atau tes psikometri

Bagi Anda yang pernah menjalani psikotes atau tes psikometri mungkin pernah merasakan sakit perut, tangan tiba-tiba keringatan, detak jantung yang berlebihan, atau suasana hati yang tertekan saat bersiap menjalani psikotes. Anda tidak sendirian, sebagian besar orang mengalaminya. Bagaimana mengatasinya, inilah rahasianya :

  1. Ingat untuk sarapan atau makan sebelum tes dimulai. Ini penting agar tubuh Anda tidak menderita dan Anda bisa kosentrasi menjawab soal tanpa gangguan kelaparan.
  2. Bersikap setenang mungkin. Ingatlah kegelisahan pada tingkat tertentu adalah wajar
  3. Hindari memperlihatkan kegelisahan Anda. Anda harus tampak percaya diri karena perilaku Anda secara umum berada dalam pengamatan seperti halnya hasil tes Anda
  4. Jika tiba-tiba menghadapi masalah, yang pertama dilakukan adalah JANGAN PANIK. Jika panik, maka tubuh Anda akan bereaksi negatif sehingga Anda tidak bisa berpikir dengan tenang. Mintalah bantuan pengawas jika Anda menghadapi masalah, pengawas pasti akan membantu Anda.
  5. Nyamankan diri Anda. Pelajari teknik-teknik relaksasi atau visualisasi yang sesuai dengan diri Anda untuk meredakan ketegangan (Anda dapat pelajari dari buku-buku relaksasi/visualisasi yang ada di toko buku)
  6. Buat posisi dimana Anda berada menjadi senyaman mungkin. Misal jika meja atau kursi Anda bergoyang, cari kertas untuk mengganjalnya.
  7. Bekerjalah seefisien mungkin. kerjakan cepat, namun tidak terburu-buru.
  8. Hindari membuang-buang waktu dengan mencari soal “jebakan” karena Anda tidak bisa menemukannya dengan mudah.
  9. Ingatlah makin banyak soal yang Anda kerjakan, makin besar kemungkinan Anda mendapatkan nilai tinggi.
  10. Sesekali pandanglah sekeliling Anda, ambil napas dalam-dalam, pejamkan mata, dan luruskan kaki. Ini akan membantu meredakan ketegangan yang timbul dalam diri Anda.
  11. Jangan putus asa jika pertanyaan terasa sulit. Pertanyaan itu mungkin sama sulitnya bagi orang lain.
  12. Jangan cemas jika pesaing Anda tampak bekerja lebih cepat ketimbang Anda. Tidak ada jaminan bahwa jawaban mereka benar.
  13. Jika Anda merasa tidak enak badan, katakan pada pengawas. Tidak ada untungnya diam dalam penderitaan.
  14. Jangan terlalu memaksa diri. Percayalah Anda telah melakukan hal yang terbaik.
  15. Selalu berpikir positif. Pikiran positif membuat tubuh Anda bereaksi positif, timbal baliknya adalah Anda menjadi nyaman dengan situasi atau kondisi yang ada.

Selamat menjalani tes psikometri. Sukses untuk Anda.


Share this post :
Tagged with: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,
Posted in Tips Praktis
9 comments on “Rahasia mengatasi stress saat menjalani psikotes atau tes psikometri
  1. ema Sitepu says:

    Betul banget.. Kalau stres.. banyak nge-hang nya.. Dan kalau dah pecah perhatian kita… udah deh… alamat.. test berikutnya tambah stres…

    Hi Ema,

    Terima kasih atas kunjungan kamu ke consultanthr.com.
    Sebenarnya tidak selamanya stress itu buruk. Stress pada tingkat tertentu mendorong kita untuk maju. Nah, kuncinya ada pada penguasaan kita terhadap stress. Yang terbaik adalah kita menguasai stress tersebut dan bukan kita yang dikuasai oleh stress. Jadi, selama kita bisa menguasai stress kita, kita pasti mampu mengatasi masalah. Termasuk dalam menghadapi psikotes.

    Karena itu cara yang terbaik adalah mengenali stress yang terjadi pada diri kita dan berupaya mengatasi stress tersebut. Dengan demikian kita akan memperoleh kemajuan dan kesuksesan dalam hidup ini.

    Salam.

  2. idsoke says:

    have you some reference of online psycotes?

  3. Ina says:

    Knp ya sy sll aja ga2l dlm psikotes ini u test di bumn kyk pln, bi, tp u tes di swasta sy sll lo2s pdhal teknik menjwb yg sy lakukan sm. Apa yg menjdi patokan keberhasilan test di perush bumn or negri. Plz bntu coz sbntr lg sy ngikut tes cpns depkeun n pln. Thks

    Dear Ina,
    Terima kasih atas kunjungan ke consultanthr.
    Ina, kegagalan itu hal biasa. Yang penting kita mau mencari tahu apa yang menyebabkan kegagalan tersebut dan esok-esok kita bisa lebih baik lagi. Oke? Mungkin yang menyebabkan kegagalanmu bukan di psikotesnya, tapi di proses wawancara pada saat psikotes. Pada saat wawancara, psikolog bisa menilai bagaimana kamu dalam berinteraksi dengan orang lain, bagaimana kamu mengelola emosi, bagaimana kamu menghadapi tekanan, dll yang berkaitan dengan sikap kita. Nah, disini Ada perbedaan penilaian kepribadian pada perusahaan swasta dgn bumn/pemerintah karena berhubungan dengan budaya kerja. Contohnya, di swasta, adakalanya yang diutamakan adalah orang yang kompetitif, sementara di bumn yang diutamakan adalah orang yang lebih mementingkan kerjasama/kekeluargaan. Itu berkaitan dengan kepribadian kita. Jadi memang yang paling penting, adalah bagaimana kita bisa menunjukkan bahwa kita adalah orang yang fleksibel dalam berbagai situasi, tetapi juga bukan orang yang plin-plan. berat ya? tapi semua bisa dipelajari asal kita mau.
    Demikian Ina. semoga membantu
    salam, consultanthr

  4. desty says:

    saya orang yang selalu panik u memulai sesuatu,dan takut dalam memulai,bagaimana cara mengatasinya,,kebetulan besok saya mau mengikuti psikotest di Bank BCA adakah bentuk soal yang bisa saya pelajari,,mohon bantuannya,,saya sangat cemas dalam menghadapinya,,atas perhatian dan bantuannya saya ucapkan banyak terima kasih..

    Dear Desty,
    Waduh maaf saya baru baca email kamu, jadi telat ya. Sebenarnya inilah tantangan paling mendasar yang harus dihadapi oleh orang-orang yang menjalani psikotes. Rasa tegang, takut, dan cemas. Padahal dengan mengatasi hal ini, Anda sudah 60% mencapai keberhasilan. Jadi jangan biarkan rasa-rasa tersebut mengganggu konsentrasi Anda. Ada berbagai tips yang telah diberikan berkaitan dengan perasaan tersebut. Anda dapat baca di situs ini.
    Salam,

  5. harimansite says:

    Ma kasih ya info-nya diatas, soalnya lum pernah ikutan psikotes neh, jadi cari-cari informasi dulu he2…

    Sipp 🙂 Semoga sukses

  6. Kusuma says:

    consultanthr yang baik, Bentar lg sy mau tes Psikometri. apaan tuh tes psikometri? Boleh tahu contoh2 soal tes psikometri seperti apa.? tolongin yah

    Kita bisa berangkat dari istilah psikotes, istilah ini muncul karena pemakaian alat-alat tes psikologis dalam proses menseleksi calon pegawai. pada saat menyebut psikotes, orang akan berpikir alat tes seperti kraepelin, pauli, wartegg, EPPS, dll yang biasa dipakai dalam tes-tes rekrutmen. Nah tes psikometri, cakupannya lebih luas, bukan hanya psikotes tapi juga tes-tes yang dipakai untuk keperluan lain, seperti dalam GMAT atau TOEFL itu merupakan salah satu contoh tes psikometri. Beberapa alat tes dalam psikotes dikembangkan dengan pendekatan psikometri, kecuali yang menggunakan pendekatan grafis.

    Soal tes psikometri sangat tergantung dari perusahaan yang Anda lamar, biasanya tiap perusahaan memiliki tes psikometrinya sendiri-sendiri sehingga akan sangat sulit untuk dapat mengetahui soal-soal apa yang mereka pakai. Saran saya, persiapkan diri Anda sebaik mungkin, tidak panik, dan bangun mental positif. Semoga sukses 🙂

  7. widya says:

    bagaimana kalau seorang calon kary.sama sekali belum pernah psikotest,pasti hasilnya tidak bagus,padahal mungkin saja ybs,org yang jujur dan pekerja keras?

    Apakah sudah terbukti pasti hasilnya tidak bagus? 🙂 Jika alat tes yg dipakai ditujukan untuk mengukur kejujuran dan kerja keras harusnya ia bisa lolos, tapi kalau yang dipakai alat untuk mengukur kepemimpinan atau inisiatif misalnya, dan ia tidak memiliki hal tersebut nah bagaimana ia bisa lulus? 🙂

  8. abie says:

    Salam hangat buat consultanthr
    Saya ingin pindah bekerja, setelah 2 thn sya merasa tidak cocok dgn pekerjaan yg sedang saya jalani,tp sampai saat ini setiap psicotes dan interview yg saya lamar slalu gagal, sy merasa ada kemunduran dlm diri saya dari sblm’n. padahal saya slalu sukses dlm psicotes dan interview sblm 2 thn ini. Skalipun lolos tak sesuai dgn kriteria yg saya harapkan..
    Mohon donk masukannyaa
    Thanks y

  9. dwi h says:

    dear consultanhr yang baik,saya sudah beberapa x ga2l dalam psikotes,terkhir saya ga2l dlam pencalonan menjadi SPV di perus marketing yg membuat sya stress bgt smpai skrg.mhon sarannya tks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Buku

Subscribe Artikel

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 8 other subscribers

Polling

Apakah Anda sudah merasa cocok dengan karir Anda saat ini?

View Results

Loading ... Loading ...

Latest Tweet

Subscribe Newsletter

Quotes of the day

In order to succeed, your desire for success should be greater than your fear of failure.
Bill Cosby