Bagaimana Cara Berlatih Soal Numerik?

Bagaimana Cara Berlatih Soal Numerik?

Latihan soal psikometri yang bersifat matematik atau numerik akan berhasil baik jika materi yang ada dirancang sedemikian rupa sesuai dengan tes yang sesungguhnya. Ada baiknya Anda mencoba hal-hal berikut ini:

  1. Berlatih tanpa batas waktu dan dalam keadaan santai. Tujuannya adalah untuk memahami pertanyaan, mencari cara pemecahan, serta meningkatkan kecepatan dan kepercayaan diri dalam menjawab soal.
  2. Berlatih dalam waktu yang sangat terbatas seperti test tes yang sesungguhnya.Tujuannya untuk membiasakan diri dengan situasi yang sesungguhnya. Latihan ini menghindari Anda dari kesalahan karena tekanan situasi. Sebaiknya melakukan tiga kali tes uji coba.
  3. Biasakan diri untuk melatih menjawab satu soal dalam waktu 45 detik.
  4. Pastikan latihan soal test tes yang Anda gunakan tidak ketinggalan zaman.
  5. Jadwal latihan sebaiknya meliputi hal-hal berikut ini; mempelajari gambaran test tes, mencari soal-soal sejenis, berlatih soal sesuai kemampuan Anda, membiasakan diri menghadapi tes uji coba dengan waktu yang terbatas, dan mengulangi uji coba pada bagian yang Anda sering melakukan kesalahan.

Share this post :
Tagged with: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,
Posted in Tips Praktis
132 comments on “Bagaimana Cara Berlatih Soal Numerik?
  1. selvy says:

    Besok selvy akan melakukan psikotest dibidang perbankan, mohon bantuannya untuk gambaran test tersebut. Terima Kasih

    Dear Selvy,

    Terima kasih atas kunjungan kamu.

    Hampir semua industri di Indonesia menggunakan psikotes untuk mengukur kemampuan kandidat. Pada umumnya perusahaan ingin mengetahui potensi kecerdasan calon pegawai dan sejauhmana karakteristik kepribadian calon pegawai. Sejauh ini saya tidak bisa memberikan gambaran tes yang akan kamu dapatkan, karena sangat beragamnya tes yang bisa digunakan dan tiap perusahaan biasanya memiliki jenis tesnya masing-masing. Tapi yang paling penting, menurut saya, adalah kesiapan fisik dan mental. Yakin dengan diri sendiri dan jadilah diri sendiri. Yang bisa kamu usahakan adalah menunjukkan yang terbaik yang bisa kamu lakukan. Dan ingat, tetap jadi diri sendiri.

    Oke Selvy, semoga sukses.

  2. nanda says:

    saya sedang mencari pekerjaan, mohon bantuan kasi saya masukan! apa sih yg di nilai dlm psikotes itu? maksudnya, dalam kita menggambar yang dinilai dari gambar kita itu apa? trims

    Dear Nanda,
    Terima kasih atas kunjungan kamu.
    Yang dinilai dari gambar adalah karakteristik kepribadian kamu. Jadi bukan bagus atau jeleknya gambar, melainkan aspek-aspek dari gambarmu yang mencerminkan kepribadian kamu.
    Dari gambar bisa diketahui bagaimana kepribadian kamu, ambisi, temperamen, dll.
    Jadi, yang paling penting bukan gambar kamu bagus atau jelek. Melainkan gambar sesuatu yang memang kamu inginkan, berdasarkan instruksi yang telah diberikan.
    Oke, Nanda. Semoga sukses.

  3. Dewi says:

    Yth. Bp/Ibu,

    Mohon bantuannya untuk mengirimkan soal-soal psikotest untuk assesment test (naik ke tingkat/level managerial) yang sering keluar (psikotest UI).
    Thanks ya..

    Dear Dewi,

    Untuk permintaan kamu, maaf saya tidak bisa berikan karena ada hubungannya dengan etika di dalam profesi psikologi.
    Saran saya, kamu persiapkan diri sebaik mungkin, mental dan fisik. Selama proses assessment bersikap tenang dan jalani setiap tes dengan sungguh-sungguh.

    Oke, Dewi. Selamat berjuang.

  4. Ihya says:

    Besok aq ada test potensi akademik meliputi kemampuan verbal,numerik,dan penalaran untuk masuk ke PTN,tolong bantuannya supaya bisa ngerjain soal-soalnya dg benar,dan bagaimana gambaran tentang test tersebut?Dimana aq bisa menguasai semua itu? Trims…….

    Dear Ihya,
    Wah kalau tinggal besok, saran saya persiapkan mental dan fisik dengan baik. Sebelumnya sudah pernah menjalani TPA? kalau belum semoga kamu tetap bisa mengerjakannya dengan baik. Yakin dengan diri sendiri dan mau berjuang untuk kesuksesanmu, saya yakin kamu bisa mengerjakan tes tersebut.
    Kemampuan verbal berhubungan dengan bahasa, misal cari persamaan kata, lawan kata, word comprehension, dll. Numerik berkaitan dengan hitung-hitungan matematik. Deret angka, soal cerita, perkalian, pembagian, rumus geometris, dsb. Penalaran terkait dengan kemampuan logika/analisis logis. Misal, logika angka, logika ruang, logika bahasa.
    Untuk mengerjakannya dengan benar, sangat tergantung dari kesungguhan kamu. Tapi jika kamu banyak berlatih, berarti semakin terbiasa dengan soalnya, semakin cepat mengerjakannya, semakin tinggi kesempatan dapat nilai bagus. Tapi sekali lagi banyak faktor yang menentukan, berdoalah yang terbaik yang akan kamu dapatkan.
    Oke, Ihya. Semoga sukses.

  5. Ria says:

    Bisa tlg ksh saya soal2 psikotes. Bsk pagi saya ada psikotes utk suatu bank.Thx atas bantuannya

    Dear Ria

    Saran saya be confident and be yourself! Tetap tenang dan jalani tes dengan sungguh-sungguh.

  6. Rustam says:

    Selamat sore, boleh minta contoh2 soal test IQ, seperti gambar yang diputer-puter/dibolak balik ? Atau urutan urutan gambar dsb.

    Thx a lot

    Dear Rustam,
    Maaf, kami tidak menyediakan contoh-contoh soal tes IQ. Ada banyak buku tes IQ dijual di toko buku, itu bisa digunakan untuk berlatih. Bagaimanapun persiapan mental dan fisik lebih penting untuk sukses dalam menjalani tes IQ.
    salam,

  7. key says:

    tes psikotes tu pa memang bner-bner brguna ce…
    abiz…kmaren ak test d prusahaan gede…yang lulus malah kyna bkn qualified person…
    ya…yg kerjaana nunggu org laen slesei br nyontek gt,,,,
    ak jd mikir penilaian psikotes tu…brdasar pa ya…huhuhu…tangisan jiwa ne…

    Dear Key,

    Walau ada tangisan jiwa, saya yakin kamu tetap bisa tersenyum menghadapi hidup kamu. Buktinya kamu tetap berupaya mencari tahu apa dan bagaimana psikotes itu.. Kalau kamu baca sebagai besar comment di web ini juga berisi tentang keinginan untuk sukses dalam menghadapi tes psikologi. Banyak orang-orang yang gagal, tetapi kunci keberhasilan adalah berupaya mencari tahu apa yang bikin kegagalan itu dan memperbaikinya sehingga kita bisa sukses di kemudian hari. So, tetap semangat dan bekerja keraslah untuk hidup kamu.
    Salam,

  8. ris says:

    boleh tau ga…
    Untuk posisi front liner (misalnya CS) dan staff accounting,secara umum aspek yang biasanya dijadikan ukuran apa saja si?

    Dear Ris,

    Biasanya untuk jabatan staf yang diukur dari tes psikologis masih bersifat standar. Aspek yang biasa diukur adalah kemampuan/inteligensi, sikap kerja, dan kepribadian. Untuk CS, perusahaan biasanya mencari orang yang memiliki sifat mudah bergaul, ekstrovert, trampil berkomunikasi, dan aspek-aspek lain yang berhubungan dengan kemampuan berhubungan dengan orang lain. Untuk accounting, sesuai dengan jenis pekerjaannya, maka yang dibutuhkan adalah orang yang tidak mudah bosan, memiliki perhatian terhadap detail yang tinggi, senang bekerja dengan angka dsb.
    Demikian Ris, semoga membantu.

  9. opang says:

    saya udah 3 ikut psikotes di perusahaan gede n tiga2nya gagal, apa saya emang sebodoh itu ya n berdampak ga untuk psikotes2 berikutnya – pasti gagal lagi:(- ?? btw, pauli tes itu diusahakan ngerjain sebanyak2 ya n dengan grafik yang stabil, soalnya saya emang cukup lama klo udah masuk pauli tes n grafiknya ga bagus2 amat. ketika orang udah pada balikin halaman, saya belum. itu bisa dilatih ga sih?

    Dear Opang,

    Kata sebuah pepatah: kegagalan adalah sukses yang tertunda. Kuncinya adalah bagaimana kita belajar dan memperbaiki diri atas kegagalan tersebut. Jadi, terus berupaya dan tetap antusias ya. Sebenarnya berdasarkan hasil penelitian, yang paling berperan untuk berhasil melalui tes psikologi adalah KEYAKINAN DIRI dan KONSENTRASI/FOKUS selama menjalani tes tersebut. Jadi jangan berpikir nanti gagal lagi, gagal lagi, ini mengakibatkan alam bawah sadar dari diri kamu akan mewujudkan itu, tapi berpikirlah saya lebih baik dari yang lalu, saya lebih baik dari yang lalu sehingga tubuh kamu akan merespon positif dan akibatnya kamu menjadi lebih baik lagi. Oke, Pang? Sekali lagi yang paling penting adalah konsentrasi. Jangan pikirkan hal lain, kecuali angka-angka yang ada di depan kamu, jangan pikirkan orang lain, jangan mikirin pacar juga, nanti angkanya terbang :).

    Oke, Pang. Semoga bermanfaat dan tetap semangat.

  10. nunet says:

    selamat sore..klo mo jadi peneliti aspek2 apa saja yg diukur?mohon pencerahannya….
    maksy

    Dear Nunet,

    Untuk menjadi peneliti, aspek-aspek psikologi yang diukur biasanya meliputi inteligensi, sikap/minat kerja, kepribadian, dan kompetensi. Seorang peneliti, biasanya memiliki minat yang tinggi terhadap banyak hal, berpikir terbuka, dan senang mencari tahu tentang segala hal, suka membaca, termasuk mendalami sesuatu yang menarik minatnya (bisa orang/lingkungan/benda dsb). Jadi secara umum, seorang peneliti memiliki perhatian yang tertuju pada hal yang diminatinya, bekerja dengan cara tertentu, dan memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Ini sebagian dari aspek kepribadian yang dapat dilihat, ada banyak aspek lain yang dapat diukur tergantung juga dari perusahaan yang ingin meng-hire kamu. Demikian, semoga membantu.

  11. N-Cie says:

    pSikoTest teNtang kesehatan dunk..
    tulung yaph

    Dear N-Cie,

    Saya agak bingung dengan pertanyaan kamu. Maksud kamu psikotes tentang menilai kesehatan gitu? atau psikotes untuk jurusan kesehatan? Kalau maksudnya yang pertama, yang pasti tes psikologi memang digunakan untuk mengukur aspek-aspek psikologis pada diri seseorang, termasuk kemungkinan ia ‘sakit’ secara psikologis juga. Jadi tergantung apanya yang mau diukur. Pada umumnya psikotes biasanya digunakan untuk seleksi kerja. Jika ingin menilai seseorang “sakit” atau tidak secara klinis digunakan alat ukur psikologis yang lain. Demikian. semoga membantu

  12. arpee says:

    saya lagi mempersiapkan diri untuk psikotes bulan depan untuk mendapatkan pekerjaan di sebuah perusahaan asuransi berplat merah. untuk posisi pemberi pelayanan kesehatan, kira2 aspek apa aja sih yang dinilai. trus…saya sama sekali belom pernah ikutan psikotes buat kerjaan, saya boleh minta tips&trik..ama contoh soalnya juga g? maaf ya borongan nih permintaannya. thanks in advance 🙂

    dear Arpee,
    Masih bulan depan, kamu bisa mempersiapkan diri dengan berlatih mengerjakan soal-soal matematik. Atur waktu kamu untuk berlatih. Semakin baik persiapan kamu, semakin kamu bisa yakin dalam mengerjakan soal. Contoh soal kamu bisa beli di toko buku, atau di tempat-tempat yang menjualnya, sekarang sedang penerimaan pns, biasanya ada banyak tempat yang menjual soal-soal seperti itu.
    Aspek yang dinilai dalam psikotes biasanya standar: inteligensi, sikap/minat kerja, dan kepribadian. Dengan mempersiapkan diri sebaik mungkin, semoga kamu bisa mencapai yang terbaik.
    Semoga sukses, Arpee.

  13. Poets says:

    Dear, Senin besok saya ada tes psikologi, tapi test tersebut akan berlangsung dari pagi sampai sore dan jujur saja saya nervous karena pengalaman saya pada psikotest yang lalu adalah staff yang membagikan soal terkesan seperti menggurui dan menyampaikan instruksinya ogah2an gitu dan itu berpengaruh pada konsentrasi saya. Btw, untuk posisi staff purchasing dan export import kira2 penilaiannya dari aspek mana saja sih ?? thank you.

    Dear Poets,
    Waduh memang sebal ya kalo ketemu sama orang yang sok, tapi selama kita masih berinteraksi dengan yang namanya manusia, hal itu pasti mau tidak mau akan kita alami. Jadi yang perlu kita persiapkan adalah mental kita, bagaimana kita mengelola emosi kita sendiri sehingga tidak terkena imbas negatif atas hal tersebut. Jadi kalo kamu mengalami hal tersebut lagi, anggap saja itu hal yang biasa dan kamu harus mampu membuat dirimu tidak terpengaruh dengan hal itu. Yang harus kamu jaga adalah kosentrasi kamu, dan bukan memikirkan sikap orang tersebut. Jadi besok-besok jika ketemu dengan orang spt itu lagi, hadapi dengan senyum. Dan katakan dalam hati, saya lebih baik dari kamu. Oke? Untuk posisi staf, menurut saya dimana-mana sama ya persyaratan psikologisnya; 1. inteligensi 2. sikap/minat kerja 3. kepribadian. Mungkin untuk Purchasing dan ekspor/impor akan lebih spesifik kepada kemampuan komunikasi dan relationship serta senang bekerja dengan angka karena berhubungan dengan pihak ekternal dan data-data berupa angka.
    Demikian Poets, semoga membantu.
    Salam

  14. Juwita pebrara says:

    Apa perbedaan psikotest dengan psikometri? Tolong jelaskan.

    Dear Juwita,
    Psikotes ditujukan untuk menyeleksi orang yang akan masuk kerja di sebuah perusahaan ditinjau dari aspek psikologis, tujuan untuk mencari tahu kecocokan orang tersebut dengan pekerjaan yang akan ditanganinya.
    alat-alat yang digunakan dalam psikotes adalah tes psikometri.
    Tes psikometri tidak sebatas untuk menyeleksi calon pegawai, saja. Kegunaannya sangat beragam, tergantung tujuan tes psikometri tersebut diciptakan. Yang pasti tes psikometri digunakan untuk mengukur berbagai aspek psikologis yang ada pada diri seseorang.
    salam

  15. Mohammad Rosyada says:

    kemaren saya ikut psikotes BCA tapi gagal..bisa tolong kirimin soal-soal psikotes lengkap dengan jawabannya…thanks…sebenarnya lolos tidaknya psikotes tu dinilai darimana?

    Dear Mohammad,
    Semoga kegagalan tersebut, tetap membuatmu tidak putus asa dalam berusaha. Maaf saya tidak bisa mengirimkan soal psikotes. Kelulusan dalam psikotes dinilai dari nilai minimal yang harus didapatkan (untuk tes inteligensi). sementara untuk tes kepribadian adalah penilaian kecocokan antara kepribadian kamu dengan jenis pekerjaan dan/atau kriteria lain yang ditetapkan perusahaan.

    salam

  16. muhammad wahyudi says:

    dear,bulan depan pas puasa romadhon aku ada tes psikotest BUMN ngetop,kondisi fisik tentunya kurang mendukung, bagaimana menyikapinya tanpa harus membatalkan puasa? tengkyu

    Dear Muhammad,

    Sama seperti puasa. Sebelum puasa Anda berniat puasa. Demikian juga, dengan tes psikotes, Anda harus memiliki niat yang kuat untuk menjalankan psikotes hingga akhir dan keyakinan bahwa psikotes tidak akan membatalkan puasa Anda 🙂
    salam

  17. catwoman says:

    please banget dunx upaya apa lg klo qt d pede mnjwb soal2nya, tp te2p ga2l, terus terang gw ini orgnya bkn yg super spontan,.

    Dear Catwoman,

    Kira-kira kamu pede menjawab soal tes yang bagaimana? soal hitung2an atau pertanyaan tentang kepribadian? Mungkin di salah satunya persiapan kamu masih kurang. Berarti kamu masih harus meningkatkan persiapan dirimu lagi. Super spontan atau tidak, tidak ada hubungannya dengan psikotes. Yang paling penting kenali dirimu dengan baik, dan jawab pertanyaan dengan jujur dengan demikian kita menjadi konsisten dalam menjawab pertanyaan ttg kepribadian.
    salam

  18. Wiwidh says:

    Saya ingin menanyakan, apa sebenarnya penyebab dari kegagalan tes-tes yang saya sering lakukan. Saya seing ikut tes TPA dan psikotest, tetapi kegagaln terus saya alami, padahal saya merasa bisa mengerjakan soal-soal tersebut?akhirnya secara psikologi setiap saya mau test, bayangan kegagaln selalu menghantui, kira-kira apa solusi terbaik untuk meningkatkan percaya diri kembali?
    kira-kira apa yang harus saya persiapakan kembali, agar saya sukses test. terimakasih
    tolong nanti di email ya,,saya sekarang benar-benar depresi

    Dear Wiwidh,

    sebaiknya kamu bangkit lagi. Jangan biarkan kegagalan menguasai kamu, sehingga kamu menjadi semakin terpuruk. Ada baiknya kamu benar-benar mengenali dirimu sendiri, coba cari tahu apa yang menyebabkan kegagalan tersebut. Mungkin kamu panik, tidak siap, atau tegang. Nah inilah yang harus kamu atasi. Hal pertama yang wajib kita persiapkan dalam tes psikotes adalah MENTAL. Dengan menyiapkan mental kita sebaik mungkin, kita sudah menjalani setengah keberhasilan. Mental akan kuat jika didukung oleh persiapan yang maksimal. Karena itu persiapkan diri kamu sebaik-baiknya dalam menghadapi tes tersebut. yakinlah bahwa kamu bisa, dan jangan biarkan pikiran-pikiran kegagalan menguasai diri kamu.

    salam

  19. seya says:

    Beberapa kali psikotest ga lulus, makanya mule skarang brlatih lebih keras. Minta dkirim soal2 psikotes kalo mo masuk kerja ya..
    Tolong di bales, makasi.

    Dear Seya,
    Soal-soal psikotes tidak bisa dikirimkan.
    salam

  20. hani says:

    paling sulit mengisi soal psikotest yang kaya lembaran koran.. karena saya selalu mengecek dari awal agar tidak ada kesalahan.. yang ada malah waktu habis.. itu yang menghitung dari atas ke bawah..
    bagaimana strategi-nya yach?
    Terima kasih sebelum-nya..

    Dear Hani,

    strateginya adalah fokus dan konsentrasi. Jangan mengecek lagi, kamu harus yakin bahwa jawaban kamu sudah benar. Karena itu penting sekali berlatih. Cobalah untuk berlatih, semakin baik koordinasi antara tangan dan kepalamu, sehingga semakin cepat dan akurat kamu dalam menjumlahkan angka-angka tersebut.

    salam

  21. tina says:

    Dear, saya sudah beberapa kali ikut psikotes tapi selalu gagal.tapi saya juga bingung letak kegagalan saya itu dimana?trus saya minta petunjuk untuk soal kepribadian.saya suka bingung di soal2 tersebut.sering kali beberapa kali soal tersebut diulang2.klo unt paulin apakah dinilai berdasarkan banyaknya angka yg kita jawab atau dilihat dari grafiknya.tolong bantuannya.thnx

    Dear Tina,

    Kalau kamu bingung, saya lebih bingung lagi:). Yang pasti kamu harus bisa menganalisis diri kamu sendiri, kira-kira dimana sebab kegagalannya. Apakah nervous? Panik? Tidak siap? atau hal-hal lain yang menyebabkan kegagalan tersebut. Dengan mengetahui dimana kelemahan kamu, kamu bisa mulai ‘mengobati’nya. namun yang paling penting dari semua itu adalah mental dan persiapan. Jadi persiapan dengan baik dan kembangkan mental kamu agar siap menghadapi psikotes. Untuk soal kepribadian, memang ada beberapa tes yang mengulang-ngulang pertanyaan dengan tujuan untuk melihat konsistensi jawaban, karena itu penting sekali kamu menjawab dengan jujur dan mengenali diri sendiri. Untuk tes Pauli semua yang kamu tanyakan itu dipakai.

    salam

  22. rie says:

    klo tes disuruh meneruskan gambar dr beberapa objek itu gmn penilaiannya sih? yg ada 8 objek gambar, yg pertama dr sebuah titik, yg kedua lengkung, yg ketiga 3 garis vertikal, dst..

    Dear Rie,

    Hal-hal tersebut bisa menunjukkan aspek psikologis seseorang.
    salam

  23. mustangcool says:

    gw ga peduli dh ma th psiko test, tapi gw prnah ikut test iQ , n hasilnya genius, tapi saat gw test yang kedua kali hasilnya Iq manusia purba…
    yang gw mw tanya , pa Iq seseorang bisa berkurang?
    ada link buat test iq gratis dengan gambar ga? ksi tw donk! thank’s

    Dear Mustangcool,

    Wah sepertinya Anda ‘trauma’ dengan psikotes ya? Ada banyak faktor yang menyebabkan hasil berbeda, bisa dari diri Anda sendiri, bisa juga dari faktor eksternal. IQ seseorang memang bisa berubah, namun perubahannya tidaklah terlalu signifikan. Kecuali orang tersebut menderita penyakit otak atau mengalami penuaan (demensia), maka ada kemungkinan IQ-nya bisa berkurang banyak. Namun untuk itu perlu diperiksa secara hati-hati.
    Link IQ gratis ada banyak sekali di internet, namun kebanyakan berbahasa Inggris.
    salam

  24. Uwi says:

    saya udah ukut tes psikologi di 3 perusahaan besar. untuk tahapan seperti numerik, mencocokkan gambar selalu lulus tetapi untuk tes kepribadian (tes gambar dan EPPS) selalu gagal. tolong dong mbak/mas kasih pencerahan bagaimana yang seharusnya saya lakukan (kalo latihan soal gak ada contohnya dibuku2 psikotes) dan lagi untuk tes pauli sebenarnya yang diukur itu kemampuan apa yach?

    Dear Uwi,

    Berarti secara inteligensi kamu memiliki nilai tinggi. Namun secara kepribadian ada hal yang harus kamu tingkatkan. Memang untuk tes kepribadian sangat jarang ada contohnya, karena itu berlatih untuk tes ini juga menjadi kurang bermakna. Namun, kamu bisa mulai dari mengenali diri kamu sendiri, agar dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan tes kepribadian dengan baik. Dengan jujur dan mengenali diri sendiri, jawaban kamu menjadi konsisten dan ini membantu meningkatkan penilaian kamu.

    salam

  25. Debora dapamerang says:

    Saya ingin tahu psikotest seperti apa dan contoh-contoh soal.Apa sih tujuan dari test psikotest
    Thanks

    Dear Debora,
    Tujuan psikotes adalah untuk mendapatkan gambaran tentang diri kita dari aspek psikologis, terutama aspek inteligensi, sikap/minat, dan kepribadian. Kamu akan diberikan sejumlah alat yang haru dijawab sesuai instruksi yang diberikan. Bisa dibatasi waktu, bisa tidak. Biasanya yang dibatasi waktu adalah tes yang mengukur aspek inteligensi. Untuk contoh2nya kamu bisa search di google. Ada banyak sekali contoh soal psikotes disana.

    salam

  26. SAUT says:

    Tolong kirimkan ke email saya soal tentang Test Psikotets Untuk Departement Keuanagan skalian dgn jawabannya y?? u/ menghdp?i ujian pskotest di depkeu mhoon dibantu ya… Trims

    dear Saut,
    Kami tidak memilikinya.
    salam,

  27. rizky says:

    mhn dpt dikirimkan contoh2 soal TPA (test potensi akademik) dan TBS (test bakat skolastik), tks

    Dear Rizky,

    Tidak punya dan itu adalah soal-soal rahasia berhubung hanya boleh digunakan oleh psikolog berkaitan dengan kode etik profesi. Saran saya persiapkan mental dan fisik sebaik mungkin.
    salam,

  28. icha says:

    Mo tanya dnk…
    Waktu ak tes pauli, aku missed 1 kolom krn aku ga nyadar kolom itu blm terisi…
    Itu berpengaruh pd penilaian atau engga?
    Thx

    Dear Icha,
    Ya itu berpengaruh terhadap penilaian. Lain kali kamu harus lebih hati-hati ya.
    salam

  29. Arnold Apotekerio says:

    Hai..bisa minta tolong diberikan contoh2 soal psikotest dan kunci jawabannya gk.. please!!! soalnya aku sering gagal kalo psikotest abisnya jawabanya membingungkan. tolong ya. trims

    Dear Arnold,

    Maaf tidak bisa.

    Salam,

  30. agung gunawan raharja says:

    aku mau ada test psikotest, bisa kirimkan contoh soal psikotest ga?
    pliiiiissss…….
    makasih sebelumnya.

    Dear Agung,
    Maaf tidak bisa. Terima kasih.
    Salam,

  31. arya says:

    salam….
    bisa minta bantuannya untuk tes pauline dan kraepelin gak???
    gmana sih trik mengerjakannya???
    dan apa sih yang sebenarnya dinilai???

    thanks before…

    Dear Arya,
    Trik untuk mengerjakan semua tes psikologi adalah sama. Persiapkan mental, konsentrasi dan fokus mengerjakan sesuai instruksi untuk setiap alat yang digunakan. Setiap alat tes memiliki tujuannya sendiri-sendiri. Yang pasti gabungan dari berbagai alat tes tersebut dipakai untuk menilai kepribadian, kecerdasan, dan sikap kerja kamu.
    Salam,

  32. titin says:

    Ehm….kecewa, itu yg saya rasakan. Dua kali ikut psikotes, lulus tes tulis numerik tp g’ yakin disesi dwa2ncr. Bru tau klo dbdg accountg, mkn juga staff oPerasional perbankan, yg dcr adlah org dgn kepribadian tdk mudah bosan…Berarti aq salah besar nih pas kmarin ditanya soal, klebihan dan kelemahan aq. At list yg aq lmar adlh staff operasional, tp aq secara spontan jawab kalo aq mudah bosan untuk situasi2 tertentu, tapi aq masih bisa mengatasi rasa bosan itu dgn menelusuri penyebab bosanku utk mencari solusi biar aq g’ bosen. Bagaimana menurut anda atas jawabanku tadi? Langsung males ya dengernya? tz untk kelebihannya sbaiknya kita jawab satu aja atau smakin banyak semakin bagus? Untuk pernyataan menyukai hal-hal baru merupakan bagian dari bosan? Oya kmrin aq sempat melirik Pauli testku, bukannya yg dinilai itu grafiknya, tapi disitu ada nilai berupa angkanya ya? Tlg bantu dijelasin… Untk yg pernah ga2l psikotes jgn patah semangat terus berjuang dan jadikan itu sebagai sarana perbaikan. Kalo boleh aq simpulkan kepribadian bisa kita perbaiki dan kita tingkatkan dengan mengenal diri kita…Bisa g’ kepribadian kita set sesuai dgn bidang karir yang qt inginkan? Trims

    Dear Titin,
    Jawaban kamu sdh benar, Titin. Kamu sudah berbicara apa adanya ttg diri kamu dan disitu kamu juga bilang bahwa kamu berupaya mengatasi rasa bosan kamu. Sekali lagi bersikap jujur itu penting dalam wawancara psikologis karena bagaimanapun pewawancara lebih senang bertemu dengan orang yang berupaya menjadi diri sendiri dibanding menjadi orang lain. Untuk kelebihan, sebaiknya jelaskan satu atau dua kelebihan kamu secara mendalam, tidak perlu banyak-banyak. Nah, dengan satu kelebihan saja tapi dijelaskan secara mendalam berarti kamu sudah memahami diri sendiri. Itu yang penting. Secara mendalam artinya, jika kelebihan kamu adalah senang menulis. Jelaskan apa saja yang telah kamu lakukan dengan kemampuan menulis tersebut. Atau jika kamu orang yang sabar. Jelaskan bagaimana sikap sabar ini membantu kamu menyelesaikan tugas atau dalam berhubungan dengan orang lain, dsb. Sekali lagi dengan perspektif positif tentunya.

    Banyak salah kaprah tentang kepribadian, tetapi secara umum dapat dikatakan kepribadian adalah karakteristik yang ada dalam diri kita dan relatif stabil sepanjang waktu dan dalam berbagai situasi (trait approach). Katakanlah kamu seorang yang ekstrovert, nah ini adalah ciri kepribadian kamu. Jadi sebenarnya kepribadian itu bukan diperbaiki, tapi yang diperbaiki adalah sikap kita. Yang bisa kita tingkatkan adalah sikap kita dalam mengatasi berbagai persoalan dalam hidup kita. Ini menjadikan kita sebagai pribadi yang dewasa dan matang. Semakin kita bersikap dewasa dan matang, orang semakin senang bergaul dengan kita, dan kita dikenal sebagai orang yang memiliki kepribadian baik. Kepribadian tidak bisa dibuat sesuai dengan karir yang kita inginkan. Tetapi malah sebaliknya. Kita akan sukses dalam berkarir jika kita mengenali kepribadian kita dengan baik, dan memilih jalur karir yang sesuai dengan diri kita. Sebenarnya kepribadian dan karir tidak dalam hubungan langsung. Karir sangat berkaitan dengan interest, talent, dan values. Jadi pilihlah karir yang sesuai dengan interest, talent, dan values yang ada dalam diri kamu, Titin. Semoga sukses.
    Untuk tahu lebih mendalam mengenai ini, kamu bisa ikuti http://www.konsultankarir.com, di situs tersebut ada berbagai informasi menarik tentang karir.
    Salam,

  33. Mey says:

    tolong donk… contoh soal psikotest yg gambar acak, hari senin tgl 19 Nop 2008, sy hrs test psikotest utk naik golongan

    Dear Mey,
    Maaf ya kami tidak dapat menjawab pertanyaan kamu, karena saya kurang mengerti apa yang dimaksud soal gambar acak.
    Salam

  34. ronni says:

    saya senbenernya kurang setuju dengan psikotes yang dijadikan tolok ukur keberhasilan. dalam tes psikotes kalo kondisi kurang fit, kita tidak bisa konsentrasi, maka kesempatan akan segera terhenti…..namun cara seperti ini populer buat perusahaan perusahaan…

    Dear Ronni,
    Terlepas dari pendapat kamu, ini merupakan salah satu cara perusahaan untuk menjaring kandidat terbaik karenanya setiap kandidat perlu mempersiapkan diri sebaik mungkin dan tidak mencari kambing hitam atas kegagalannya. Tes yang baik, melibatkan banyak sekali alat tes, misal menggabungkan psikotes (asessment individual) dengan berbagai metode lain. Salah satunya dengan wawancara terstruktur (behavior event interview). Dengan begitu penilaian juga menjadi lebih objektif dan reliabel.
    Salam,

  35. Lulu says:

    Saya S1 Psikologi Industri. Saya bekerja di perusahaan di bag. sdm. Selama ini saya menangani Psikotes &konseling d perusahaan namun alat tes saya terbatas. Bisakah saya mendapatkan jenis tes yg lain? Bagaimana caranya? Utk Power disc tm saya punya alat testnya tapi saya coba analisanya via web:www. discinterconsult.com kok tdk bisa? Mohon infonya mungkin ada alternatif lain. Tks

    Dear Lulu,
    Alat tes yang lain bisa Anda dapatkan di penyedia alat tes psikologis atau konsultan yang memiliki hak untuk menjual alat tes tersebut. Mengenai Power Disc, saya kurang tahu apakah ini sama dengan DISC atau beda, tentunya memang Anda perlu mencari tahu langsung ke konsultan yang mendistribusikan alat tersebut. Tapi bagaimanapun, yang harus dipahami adalah bahwa setiap alat tes tentunya harus sudah memenuhi prinsip-prinsip psikometri, terutama valid dan reliable sehingga memang bisa dipakai untuk mengukur aspek psikologis seseorang. Dengan demikian alat tes tersebut benar-benar siap dipakai dan memiliki properti psikometri yang baik.
    Demikian Lulu, semoga membantu

  36. putrago says:

    info yang sangat menarik, thanks

    Terima kasih juga 🙂

  37. matt says:

    salam 🙂
    untuk bidang profesi IT seperti networking atau programming, aspek apa saja yang sangat berpengaruh dalam penilaian pada tes psikometri? jika tidak melanggar kode etik psikolog, mohon dijelaskan mengenai persentase pembagian dari semua bagian dalam setiap tes psikometri agar seorang pelamar dapat diterima oleh perusahaan?
    terima kasih 🙂

    Dear Matt,
    tes psikometri dibuat untuk mengukur aspek-aspek psikologis tertentu dari manusia. Jadi sangat tergantung dari perusahaan yang Anda lamar akan mengukur apa. Apakah kepemimpinan, inisiatif atau inteligensi, dll, jadi tidak bisa disamaratakan untuk semua perusahaan, jika Anda akan di tes kemampuan, baru bisa dilihat profesi Anda, katakan sejauhmana level kemampuan Anda dalam membuat perencanaan dan pengelolaan kerja? Persentase pembagiannya tidak sama, tergantung bobot yang digunakan atau leveling dari profesi tertentu.
    salam 🙂

  38. reza says:

    menurut aq yg penting dalam menjawab psikotest kita harus jujur
    !!!

    Betul! Jujur dan tidak panik, persiapkan mental positif dan yakinlah bahwa yang terbaik diberikan pada Anda.

  39. mukti says:

    kmrn sq br tes psikotest di daihatsu tapi gagal bs bantu aq biar lulus klo ada test lagi gak soal yg dikeluarin soal tes psikolog ui klo ada pelatihannya aq mau ikut dong makasih

    Persiapkan mental! Semoga lain kali bisa sukses.
    salam

  40. anggar says:

    saya mau psikotest di sebuah perusahaan..
    testnya psikoassestment, assestment itu apa??apa sama dgn psikotest biasa??
    terimaksih.

    Dear Anggar,
    Assessment artinya penilaian terhadap kemampuan seseorang yang dilakukan dengan menggunakan berbagai simulasi dan tes. Pada kenyataannya assessment seringkali digunakan untuk mengukur sekelompok kompetensi yang ada pada seseorang sebagai persyaratan untuk mengisi jabatan/posisi tertentu.
    salam,

  41. Amel says:

    Hai there..
    Terima kasih banyak untuk info2nya, sangat membantu. Very much appreciate it.
    Saya ingin sekali bekerja sebagai researher & development, kira2 dlm sebuah perusahaan tipikal orang seperti apa yg dicari? terutama dlm menjawab soalan di psikotest.
    Thx b4

    Hai, jika Anda tertarik sebagai R&D melamarlah ke perusahaan yang membutuhkan R&D biasanya kepribadian Anda secara tidak langsung akan membuka jalan ke arah sana. jangan terpaku pada psikotes, itu sekedar alat, yang paling penting adalah menjadi diri Anda sendiri dan jangan mudah putus asa. Salam

  42. putra says:

    mohon pencerahan untuk soal-soal psikotes…..

    Dear Putra,
    silahkan baca artikel-artikel yang ada di web ini. Semoga mendapat pencerahan 🙂
    salam,

  43. desta says:

    apa yang menjadi fokus penilaian dari seorang supervisor?,apakah test perbandingan kondisi dlm satu pilihan A atau B dan pertanyaan tsb muncul lagi,apakah jawabannya hrs konsisten dng jawaban sebelumnnya atau tergantung pertanyaan sebelumnnya?,terimakasih penjelasannya

    Saran saya, janganlah terpaku pada hubungan antar item dan mencari-cari mana item yang saling berhubungan, karena itu hanya akan mengganggu konsentrasi kamu sendiri. lebih baik menjawab secara jujur, dengan keyakinan bahwa Anda akan sukses melewati tes-tes yang dijalankan, namun juga tidak berkecil hati jika Anda tidak berhasil lolos. Cobalah lagi, selalu ada kesempatan untuk orang yang mau berusaha.

  44. Uni says:

    sy br mengikuti psikotes tp gagal.
    Sy mu tanya psikotes dan psikometris itu sm atau beda dan cth soal untuk psikometris it seperti apa?Sy mu mengikuti psikometris lg tips2 biar ini bs lulus?,sy ingin tes ini lulus..mohon bantuannya trims

    Setahu saya istilah psikotes muncul karena pemakaian alat-alat tes psikologis dalam proses menseleksi calon pegawai. pada saat menyebut psikotes, orang akan berpikir alat tes seperti yang biasa dipakai dalam tes-tes rekrutmen. Nah tes psikometri, cakupannya lebih luas, bukan hanya psikotes tapi juga tes-tes yang dipakai untuk keperluan lain, seperti dalam GMAT atau TOEFL itu merupakan salah satu contoh tes psikometri. Beberapa alat tes dalam psikotes dikembangkan dengan pendekatan psikometri, kecuali yang menggunakan pendekatan grafis.

  45. micha says:

    pernah nemuin test yang intinya kita disuruh menganalisa grafik, tabel, diagram . soal itu jarang banget saya temuin variasinya.itu untuk apa ya, dan bagaimana cara melatihnya?
    big thanks

    mungkin itu salah satu alat yang dipakai untuk mengukur kemampuan analitikal ataupun problem solving Anda, bisa juga berkaitan dengan inteligensi.

  46. fika says:

    bulan yang lalu saya mengikuti tes di salah satu perusahaan BUMN, namun saya belum berhasil utk tahap psikotes (tes gambar dan tes PAULI). Diantara yang lulus tes mengaku dalam mengerjakan tes PAULI, mereka tidak menjumlahkan angka2 tsb, sbgm mestinya tapi hanya mengisi saja secara sembarangan angka2 tsb.
    yang menjadi pertanyaan saya :
    apa sih yang menjadi penilaian dalam mengerjakan tes PAULI?
    Apakah tingkat ketepatan dan ketelitian angka2 tsb dinilai atau hanya melihat seberapa banyak angka2/lembaran yang dikerjakan? mohon infonya,thanks.

    Saya tidak tahu dimana letak kesalahannya, karena ada banyak sekali faktor yang harus dipertimbangkan… Bisa jadi juga kemampuan menebak orang tersebut tinggi sekali sehingga bisa menjawab benar. Bagaimanapun juga angka-angka yang Anda tulis akan diperhitungkan kebenaran jawabannya 🙂

  47. Rahma says:

    Saya sendiri sebenarnya sring gagal di test psikotest, padahal sya yakin apa yang saya jawab sudah benar (mnurut saya). sampai kadang saya mrasa test psikotest dan test2 yg lain itu cuma formalitas supaya instansi yg terkait tdk disorot oleh depnaker, sbnarnya calon karyawan yg akan diterima sudah ada (mungkin sya yg t’lalu b’prasangka buruk).
    Jadi, untuk koreksi diri saya sendiri, saya minta dunk tips menghadapi psikotest, contoh soal skalian jawabannya ya….

    terima kasih
    salam,
    RahmaR

    itu salah satu kemungkinan yang bisa terjadi :), namun saran saya sebaiknya tidak berburuk sangka, kuatkan diri dan kemampuan Anda dan jangan mudah menyerah, suatu saat saya yakin Anda akan berhasil. Persiapkan mental Anda, fokuslah pada kemammpuan diri sendiri dan tidak usah memikirkan hal-hal lain yang tidak bisa Anda kendalikan.

  48. charles says:

    minggu depan saya mau mengikuti tes psikometri pertamina, apa saja yang mesti saya lakukan??
    ada nggak contoh soal tes psikometri pertamina?
    thanks atas bantuannya..

    Yang paling penting harus dilakukan adalah persiapkan mental positif. Untuk tes psikometri pertamina, yang punya hanya Pertamina 🙂

  49. jablay says:

    klo tes psikometri pertamina kira2 yg dites apa aja untuk jurusan informatika, butuh bgt neh

    thanks

    Saya juga tidak tahu 🙂

  50. bintang says:

    dear moderator,
    besok saya akan menghadapi test psikometri scr online.
    tp saya masih blm tau apa definisi test psikometri.
    1. bisa tolong bantu jelaskan secara singkat?
    2. apa ada rekomendasi link website u/ bisa latihan test prsikometri secara online?
    3. point penilaiannya seperti apa?
    4. gimana cara ngukur kemungkinan keberhasilan kita lolos tes ini?
    pls advice.
    thanks.

    tes psikometri adalah tes yang dibuat untuk mengukur satu atau lebih aspek psikologis yang ada pada diri manusia, yang dikembangkan dengan pendekatan psikometri. Dinamika manusia yang sedemikian dinamis, membuat kita tidak mungkin menggunakan satu alat ukur untuk mengukur semua aspek psikologis kita, jadi ada beberapa aspek tertentu yang mungkin dipandang perlu untuk diukur dan sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Penilaiannya sangat tergantung dari alat yang digunakan dan tiap alat beda-beda. Tidak ada cara yang pasti untuk mengukur keberhasilan lolos dari tes ini, saran saya berupaya semaksimal mungkin yang Anda mampu dan kembangkan mental positif 🙂

  51. ibrahim says:

    test psikometri,….itu katanya sama sperti test psikologi….

    nah,dalam pertanyaan-pertanyaan test na apa ya jg sama test .

    ??

    Tes psikometri ditujukan untuk mengukur aspek-aspek psikologis manusia, bisa mencakup banyak hal, misal inteligensi, kepribadian, kompetensi, sikap, minat, values, dlll. Test psikologis atau psikotes adalah salah satu bentuk dari tes psikometri, yang biasanya digunakan untuk melakukan seleksi calon pegawai. pertanyaannya pasti beda-beda 🙂

  52. budiarto says:

    tolong bantu sy akan menghadapi test psikologi kantor. sy dulu waktu psikotest slalu gagal. sy tidak tau apa kesalahan sy

    Ada banyak kemungkinan penyebab kegagalan, namun jangan terpaku pada kegagalan masa lalu, manusia itu dinamis dan bisa berubah, persiapkan mental untuk mencapai yang terbaik. Semoga sukses

  53. teguh says:

    saya igin tahu apa sih yang dinilai dari tes presentasi diri? dan bagai mana tip untuk menghadi tes presen tasi diri?

    Saya juga baru dengar ada tes ini 🙂 Kalo yang dimaksudkan tes untuk mengukur kemampuan presentasi pastinya berkaitan dengan kepercayaan diri dan cara berkomunikasi 🙂

  54. ayu says:

    maaf,,mau tanya dong..
    1.Lebih baik mana :
    a.mengerjakan psikotest dengan cepat tp jawaban salah
    b.mengerjakan psikotest dengan benar tp lama

    2.jika jawaban kita salah berpengaruh atau tidak?

    3.sebenarnya yang dinilai adalah kecepatan atau kebenaran jawaban?

    4.lebih baik mana jawaban salah atau dikosongkan/dilewatkan saja??

    Maaf ya terlalu banyak pertanyaannya…..

    1. Lebih baik menjawab cepat dan benar. 🙂
    2. Tergantung pengukuran yang dipakai, ada yang jawaban yang salah tidak dihitung, tapi ada juga jawaban yang salah mengurangi nilai Anda. Jika ini yang terjadi lebih baik Anda menggunakan rumus b. untuk menjawab no. 1. Ada baiknya juga tanyakan ke instruktur apa perlakuan untukk jawaban yang salah.
    3. Kalo tes kecepatan, maka yang dinilai ya kecepatan mejawab benar.
    4. kembali ke no. 2, jika jawaban salah mengurangi nilai Anda sebaiknya dikosongkan saja, kecuali Anda bisa menebak dengan benar 🙂

    Terimakasih

  55. ryan says:

    Askum

    Saya ada pertanyaan sedikit nih pak. Mengenai tes Kraepelin/Pauli.

    Saya sudah beberapa kali mengikuti tes tersebut terutama PAuli yakni menjumlahkan angka dari atas kebawah.

    Namun yang saya bingungkan adalah satu hal dari beberapa referensi yang saya baca pada tes Pauli ketika pihak pengetes memberi kode kita mengaris bawah angka yang kita tulis saat kode sebutkan dan pindah kekolom yang berbeda.

    Sedangkan pada beberapa tes yang saya ikuti pihak pengetes sering kali memberi petunjuk kita belom boleh pindah kolom bila kolom yang sedang dikerjakan belom selesai.

    Saya jadi bingung dengan tata cara yang sebenarnya!!

    Mohon pencerahannya.

    Thanks

    Itu tergantung dari tujuannya, Pak 🙂 Lebih baik ikuti instruksi yang diberikan oleh instruktur.

  56. enny says:

    saya akan mengikuti tes psikologi . saya selalu gagal dalam tahapan tes ini. saya tidak pintar menggambar, dan apabila sampai pada tes pauli/ kreaplin saya selalu tidak lolos.kira2 apa penyebabnya? ada yang sampai 2 lembar mengerjakan tes itu….bagamana kalo saya mengerjakan tes itu asal menjumlah tapi banyak mengerjakannya??apakah bisa lolos??

    Mungkin yang Anda butuhkan adalah meningkatkan konsentrasi dalam menjawab tes-tes tersebut dan menghindari kepanikan.

  57. noy says:

    sabtu minggu ini saya akan mengikuti psikotes d sebuah bank bs bantu saya ga sp tau ad tips dan trik ny.dan apa yg bs mempengaruhi penilaian untuk bidang CS.nanti nya akan ad dinamika kelompok d hari ke 2 dan d akhiri dgn wawancara dgn psikolog..plissss bantu saya.saya sangat berharap d trima..tolongin yah.

    tks

    persiapkan mental positif dan semoga sukses 🙂

  58. rifka says:

    saya baru mengikuti psikotes cpns,,,apakah pasti gagal jika saya menjawab semua soal yang ada???? saya tidak mengerti cara penilaiannya…

    malah bagus kalo Anda bisa jawab semua, asalkan jawabannya benar 🙂

  59. yandri says:

    saya akn akan mengikuti ability test di sebuah perusahaan perbankkan milik negara.. ability test itu apa yach..kasi gambaran dunkss.. thanks

    Ability test adalah tes untuk mengukur kemampuan seseorang dalam menggunakan ketrampilan atau kecakapan tertentu. Anda bisa baca lebih detil di artikel yang ada disini ini linknya: http://www.consultanthr.com/definisi-istilah-istilah-dalam-tes-tes-mental/

  60. aya says:

    mohon petunjuknya…
    dikntr saya saat ini hanya terdapat dua laat tes saja,TIU dan PAPIKOSTIK.
    dan saya rasa alat tes itu tidak cukup jika diberikan untuk calon spv ataupun manager.Kira2 alat tes apa yg cocok untuk membedakan antara staf,spv,manager atau kepala cabang?
    thanx before.

    Sebaiknya gunakan pendekatan tes psikometri dan assessment center yang menggunakan simulasi-simulasi tertentu untuk mengukur kemampuan, pengetahuan, dan attitudes dalam mengisi level-level posisi tertentu. Dengan melihat pada koompetensi berdasarkan kriteria-kriteria tertentu dapat ditentukan mana yang sudah memenuhi kriteria atau belum.

  61. ita says:

    Dear Pak/Bu,
    Kemarin saya mengikuti psikotest, pada bagian pertama ada wacana 3 buah dgn masing2 10 pertanyaan shg total 30 soal.saya hanya sempat mengerjakan 17 soal,waktunya memang terbatas dan soalnya agak menjebak jika tdk hati2 menurut saya. Dan saya pun tidak ‘menembak’ sisa jawaban yg tdk sempat saya kerjakan. Yg ingin saya tanyakan,apakah lebih baik menjawab sebagian tp benar semua atau menjawab semua namun banyak yg salah jawabannya? apakah hal2 tsb mempengaruhi penilaian tertentu?
    trims

    Tergantung dari sistem skoring yang digunakan, apakah jawaban salah tidak dihitung atau malah dianggap mengurangi nilai. jika jawaban salah tidak dihitung, Anda bisa menggunakan guessing, tapi jika jawaban salah mengurangi nilai Anda sebaiknya upayakan untuk memberi jawaban yang terbaik dan tidak asal menebak. Mungkin ada baiknya juga mempertanyakan hal ini kepada instruktur yang memberikan instruksi.

  62. tika says:

    saya sering gagal menghadapi psikotest perusahaan, apa yg salah dan apakah suatu saat saya dpt lulus psikotest? trimakasih

    Saya rasa tidak ada yang salah, jika Anda menyadari kelebihan dan keterbatasan Anda. Jika Anda berusaha, saya yakin suatu saat Anda dapat lulus. 🙂

  63. teguh says:

    salam kenal saya mau bertanya saya tu agak kurang di psikotes yang angka2 tp yang lainnya pasti saya bisa andaikan di tpa or tku (psikotes) saya kerjain matematikannya jelek,apa pasti saya tidak diterima di perusahaan.

    Tergantung dari kriteria kelulusannya. Apakah membobot besar pada aspek inteligensi atau tidak. Jika bobot besar disini maka mungkin Anda tidak diterima, tapi jika bobotnya tidak besar ada kemungkinan Anda diterima.

  64. adi says:

    gimana seh cara mengerjakan test psikotest yang benar?tolong bantuannya…saya sering gagal test psikotest

    Persiapkan mental! dan coba baca-baca artikel dan jawaban-jawaban yang ada di sini 🙂

  65. andy says:

    salam pak/bu
    saya mo konsultasi neeh. tolong direspon yach..bidang saya accounting & baru lulus bulan desember 2009 kemaren. 2 bulan terakhir saya dah sering ikut psikotest, tp hasilnya gagal terus.terhitung ada hampir 7x saya ikut psikotest di perusahaan sedang hingga besar…saya selalu melakukan persiapan sebelum mengikuti psikotes dengan banyak belajar ngitung2(karaplin paulie, deret angka, soal cerita dll), baca soal2 latihan psikotes, latihan soal bentuk gambar, latihan menghafal, menggambar wartegg, pohon & manusia…..istirahat juga cukup. saya pernah mengikuti tes IQ ketika penjurusan SMA dan nilainya “rata-rata atas – di bawah 105” sedangkan banyak teman2 saya nilainya 110-keatas,namun anehnya, saya selalu jadi yang nomor satu di kelas dalam semua mata pelajaran-terutama akuntansi
    (jurusan saya IPS saat SMA). apakah IQ memang patokan utama atas prestasi seseorang?bisakah IQ seseorang berkembang atau menurun?
    ganjalan saya selama ini dalam melamar kerja hanya pada psikotest, untuk wawancara dengan pihak chief dan tes kompetensi bidang, saya selalu lulus dan bisa masuk ke tahap selanjutnya (sudah saya alami 4x) (ada beberapa perusahaan yg melakukan test kompetensi bidang dan wawancara dengan chief dulu pada tahap seleksi 1 dan yg lulus melanjutkan ke psikotest, ada juga yg sebaliknya). saya memang cukup lemah dalam berhitung cepat (terbukti ketika semua peserta psikotest membalik lembar kraplin paulie, saya butuh waktu sekitar 5 menit untuk mengikuti mereka).
    mohon nasehat bapak/ibu atas kondis saya, apakah saya memang benar2 cocok kerja di bidang accounting ataukah harus mencoba melamar di bidang laen (administrasi, analis, back office, Management Trainee, appraisal)?.
    mohon juga berikan tips atau trik untuk menghitung cepat, sebab saya merasa kegagalan saya terletak pada tes yang satu ini. atau, bpk/ibu punya analisa laen atas kegagalan saya. Terima Kasih.

    Saya coba jawab secara ringkas. Menurut saya, Anda tergolong baik dalam inteligensi dari kisah Anda di atas, jadi jangan sampai hanya karena satu tes yang tidak bisa Anda kerjakan dengan baik membuat Anda down dan berdampak pada tes-tes yang lain. Jika Anda tertarik dengan akuntansi, sebaiknya Anda kejar cita-cita tersebut. kegagalan adalah hal biasa, tetap berusaha dan yakinlah suatu saat nanti Anda dapat mencapai cita-cita Anda.

  66. ndr0e says:

    Dear consultanHR,

    Saya mendapatkan email tuk melakukan Assesment secara online melalui internet.

    Nah, sebelum saya mengakses kesana.. ada beberapa ganjalan hati :
    1. Apakah soal di situs tersebut sama dengan psikotes pada umumnya?
    2. Berapakah total waktu yang dibutuhkan?
    3. Bagaimana kemungkinan lost connection?

    trims b4


    1. Soal tes online biasanya berbeda dengan soal-soal tes psikotes pada umumnya.
    2. Tergantung apa saja yang diukur, bisa cepat bisa lama.
    3. Jika lost connection, kemungkinan Anda perlu mengulang lagi.

  67. saya mau tahu bakat minat dan potensi diri saya dimana?


    silahkan cek ke konsultan karir, mungkin dapat memenuhi kebutuhan Anda.

  68. nisa says:

    hai,
    mohon info mengenai perbedaan antara General Aptitude Test,Tes Potensi Akademik, dan Tes Psikologi. Klo memungkinkan, beserta contoh soalnya jg.
    kbtulan minggu dpn saya akan mengikuti GAT di salah satu BUMN.
    trimakasih..


    secara ringkas dapat dikatakan bahwa aptitude adalah kemampuan umum yang Anda kuasai, potensi adalah kapasitas yang Anda miliki untuk berkembang di masa depan, dan tes psikologi biasanya berkaitan dengan inteligensi dan kepribadian, sikap, serta minat. Contoh soal tidak ada 🙂

  69. dhory says:

    yang dijawab dalam psikotes adalah yang terjadi saat ini atau yang kita inginkan? (biasanya ketika ada dua pertanyaan dalam satu soal)


    Yang paling menggambarkan diri Anda, kecuali Anda diminta untukk membayangkan apa yang Anda inginkan atau memikirkan sesuatu yang terjadi saat ini. Biasanya instruksi dalam tes psikologis tergolong detil dan jelas.

  70. Rini says:

    Dear,
    sebulan yg lalu saya ada psikotes, tp gagal, krn saya sdh lama tidak menghadapi psikotes, dan soal2 yg saya dpt kemarin beda sekali dgn soal2 yg saya latih dr buku, mereka menggunakan soal psikotes dt UI, apakah ada versi terbaru dr soal psikotes untuk thn ini, dan dmana saya bisa mendapatkannya untuk berlatih?mohon bantuannya…

    Setahu saya soal-soal tes psikologis memang terus mengalami perubahan, namun saya sendiri tidak tahu apa versi yang terbaru yang dipakai dalam psikotes Anda. Berlatih hanya untuk tes-tes yang bersifat numerik, bisa membantu. Akan tetapi, yang paling penting sebaiknya yakin pada diri sendiri dan persiapkan mental positif sebaik mungkin. Semoga berhasil 🙂

  71. tya says:

    minta tolong info bwt psikotest untuk tes masuk perusahaan tambang y?jenis psikotest yg kayak apa yg sering di kluarkan?
    trim’s

    Saya juga tidak tahu :). Siapkan mental saja yang paling penting.

  72. irwansyah says:

    saya baru pertama kali mengikuti test IQ dikampus dan hasilnya tidak meemuaskan dan menurut saya itu hasil bukan yang sebenarnya pada diri saya, tp saya mnjd bersemangat utk ikut test2 lainnya, mngkin sarannya ap ya, supaya saya bisa mendapatkan hasil yang memuaskn dan bs memberikan perubahan yg berarti buat saya


    Persiapkan mental dan fisik sebaik mungkin. Dan silahkan baca-baca artikel yang ada di web ini 🙂

  73. sy mau tes psikotes untuk melanjutkan ke Sekolah Menengah Pertama..karena sy baru tamat Sekolah Dasar..jadi sy belum pernah sama sekali dites psikotes..tolong bagaimana caranya supaya sy tdk grogi pada saat dilaksanakannya tes psikotes tersebut..terima kasih 🙂

    Selamat ya untuk kelulusannya :), jalankan tes dengan tenang supaya tidak grogi, yakinlah dengan kemampuan diri kamu. Munculkan mental positif, jangan panik.

  74. beben says:

    aneeeeh..kok psikotest pake latihan.
    pas dulu kuliah di psikologi gw yakin gak boleh deh psikotest latihan.melanggar kode etik..

    ini ada psikolognya gak?

    Mungkin sebelum berkomentar, sebaiknya dibaca cermat-cermat apa yang disampaikan. Untuk latihan, hanya disarankan untuk tes-tes numerik atau hitung-hitungan yang ada jawaban benar salah, karena berlatih menghitung angka dapat meningkatkan kecepatan dan disini saya juga menyarankan untuk berlatih sendiri bukan lewat bimbel atau kursus. Riset tentang tes-tes numerik yang dilatihkan sudah banyak dilakukan. Jika Anda dari psikologi sebaiknya terbukalah dengan dunia lain, jangan berpikir sempit bahwa ilmu psikologi seperti ilmu yang dimiliki dewa. Psikologi tidak beda dengan ilmu-ilmu lain, kekuatannya hanyalah sains. Saya juga belajar psikologi, mungkin kita bisa berdiskusi :)…

  75. damai says:

    saya mau tanya,
    kali ini saya ingin mengikutis tes masuk TRANS. Adakah ide atau masukan kriteria seperti apakah yg dicari diperusahaan tersebut, secara saya tidak memiliki background broadcast sehingga keterampilan dalam menggambar bisa dibilang tidak detail. Namun jika menyakut menilai orang lain atau kemampuan verbal, bisa dibilang saya kuat. Yang selalu saya takutkan adalah test PAULI dan satu tes saya tak tau namanya apa, test berbentuk soal cerita yang meminta apakah yg akan dilakukan A, disertai prioritas2 mengenai kalimat2 di soal itu manakah yg lebih penting dan berhubungan dengan masalah yg ada, apakah nama tes ini? untuk apa tes ini dikeluarkan? terima kasih. Sangat berharap mendapatkan petunjuk. Terima kasih…

    Kami tidak tahu kriteria yg dipakai Trans. Tes berbentuk soal cerita biasanya berkaitan dengan inteligensi dan kemampuan problem solving atau bisa juga yang lainnya, tergantung tujuan soal dibuat.

  76. Sarianto says:

    saya akan mengikuti tes jenjang karir/kenaikan jabatan disalah satu perusahaan perkebunan kelapa sawit, diantara tes tersebut salah satunya psikotes, kira-kira buku psikotes yang mana yang perlu saya baca-baca? dan pendidikan saya hanya tingkat SLTA dan pernah kuliah tapi tidak selesai (Semester 5), tlg saya dpt dibantu,

    Anda hanya bisa berlatih untuk soal-soal yang numerik, untuk membiasakan berhitung dan mengenali bentuk-bentuk soal. Namun, yang paling penting siapkan mental positif dan yakin dengan diri sendiri. Rileks dan jangan tegang. Keberhasilan Anda ditentukan oleh kekuatan diri Anda sendiri, jadi yakin saja Anda pasti berhasil.

  77. diki says:

    Saya maau tanya d??oo??????onk
    Apakah Mengerjakan soal psikotes dengan baik terlihat dari kepintaran seseorang?
    Dan bagaimana agar dapat sukses dalam mengerjakan soal psikotes?
    Apakah harus berwawasan luas?

    Kepintaran dapat diprediksi dari skor inteligensi. Persiapkan mental dan jaga konsentrasi dalam mengerjakan soal-soal tes. Wawasan luas membantu Anda untuk menghadapi wawancara dan saat menjawab soal-soal yang berkaitan dengan pengetahuan umum.
    salam

  78. Mufti says:

    Dear Consultanthr.

    mau tanya harrison assessment itu apa ? saya baru mengikuti tes tersebut via internet , (dan kebetulan baru mengikuti tes ini via internet pertama kali) diberikan waktu 25-30mnt dengan setiap soal(ada 6-8soal) ada 8pilihan (most like it and least like it) yang saya tanyakan , setelah saya menyelesaikan setiap soal dan akan memasuki phase terakhir , sewaktu saya mau memencet untuk meyatakan selesai , tiba2 ada komen di screen computer yang mengatakan tolong di cek kembali pilihannya karena ada pilihan yang sama (duplicate) , jadinya saya mengulang kembali ke soal pertama untuk mencek apakah ada yang duplicate jawabannya di masing2 soal. setelah saya melakukan koreksi dan akan ke tahap phase terakhir pas mau mencet tombol komputer , tiba2 ada komen yg sama muncul yang mengatakan tolong di periksa kembali pilihannya . tetapi karena waktu yg diberikan semakin dekat , jadinya saya hiraukan saja dan tetap saya meng-execute tombol itu , dan ternyata bisa langsung masuk ke phase terakhir. karena rasa penasaran , saya memberanikan diri untuk menelpon perush tsb untuk menanyakan hasil dari test tsb. saya mendapat jawaban bahwa bahwa adanya terjadi pengulangan yg mengakibatkan tidak sempurnanya hasil tsb. dan perush mengatakan akan mengirim sekali lagi tes ini kepada saya dan saya memberanikan diri untuk bertanya apakah boleh ada jawaban yang sama , contoh soal 1 saya menjawab tidak suka berdiri lama2 saya taruh di posisi 8 dan di soal 6 saya menjawab suka duduk di posisi 8 juga. walaupun sebelumnya saya sudah diberikan pengarahan via email tentang bagaimana mengerjakan tes tersebut, salah satunya “please dont duplicate”. apakah saya salah atau tidak etis untuk menanyakan kembali ke hrd perush tsb bagaimana cara mengerjakan tes tsb? karena sampai sekarang test yang akan mau dikirim kembali tak kunjung datang.. apakah karena masalah ini kah ?? dan ini akan menjadi pembelajaran saya di kemudian hari

    terima kasih


    Sebaiknya Anda kerjakan sesuai instruksi yang diberikan, artinya tidak memberikan angka yang sama pada dua pilihan yang berbeda di setiap soal, hal tersebut yang membuat tes Anda menjadi tidak bisa dianalisis. Sebaiknya ke depan tingkatkan kehati-hatian Anda dalam mengikuti instruksi yang diberikan.

  79. YULIUS says:

    untuk menjadi seorang jaksa yang dilihat dlam psikotesnya apa …?
    dan orang yang cocok menjadi jaksa orang yang gimana trms

    Menurut saya, aspek integritas adalah yang paling penting dan komitmen untuk menegakkan keadilan :), yang lainnya secara umum adalah karakteristik kepribadian dan inteligensi

  80. cenora says:

    alowww…
    aku mau tanya, setiap aku tes pekerjaan, aku selalu gak lolos pada saat tes psikotes, beberapa kali di beberapa perusahaan, ketika tahap psikotes aku selalu tidak lolos, sempat putus asa, adakah trik khusus untuk mengerjakan tes2 psikotes? mohon bantuannnya..
    terima kasih

    Kegagalan adalah hal biasa, jika berani terus mencoba suatu saat akan berhasil. Persiapkan mental Anda, dan tingkatkan konsentrasi saat menjawab soal-soal. Kenalilah diri sendiri sebaik mungkin. Keberhasilan hanya bisa didapat jika Anda terus mencoba dan tidak putus asa. semoga bisa membantu.

  81. Hoedy says:

    Hri kamis kemarin saya baru saja menjalani psikotest di AHM. tp saya gagal. Padahal saya ykin 70 % jawaban saya benar.tlg indonya.n tips untuk sukses dalam psikotest

    Mungkin Anda sedang tidak mujur saja :). Tetap mencoba dan jangan mudah menyerah. Silahkan baca artikel-artikel yang ada disini, semoga menambah wawasan Anda.

  82. yohanis eko danto says:

    dimana aku bisa mendapatkan kesimpulan atas semua soal psikotest. soalnya kadang membingungkan setiap pertanyaan yang ada. saya sangat mengharapkan jawaban atas setiap pertanyaan yang ada.mohon petunjuk. Tq

    yang pasti bukan disini 😀

  83. mohon bimbingan untuk saya..bagaimna cara mengatasi psikotest untuk bidang mekanik otomotif..sya gagal 2 kali dalam test tersebut barangkali ada tips dan trik tertentu yang bisa membantu..terima kasih.

    Saya tidak tahu Anda gagal dimananya, apakah di tes inteligensi atau tes kepribadiannya? Jika tes inteligensi, cobalah banyak berlatih tes-tes yang bersifat hitung-hitungan, coba cari buku-buku tes inteligensi dan berlatihlah dengan tes-tes tersebut. Jika permasalahannya di tes kepribadian, tidak ada latihannya. Anda hanya perlu menjawab dengan jujur, dan jika masih belum berhasil juga, Anda bisa bertemu dengan career coach atau konsultan karir untuk mengetahui dimana permasalahan Anda.

  84. IMADEM says:

    trim’s atas blog nya, apakah ada contoh soal psikometri dan kuisioner kopetensi untuk eselon IV di pemerintahan? trimakasih atas atensinya.

    tidak ada 🙂

  85. Andika says:

    sy minta tlg kirim soal pisikotes ke email saya…

    gak bisa 🙂

  86. Rysma says:

    kasih tayu contoh soal psikotes.a dunkz …

    gak punya contoh soal 🙂

  87. Lutf!e says:

    SbneR”y aPa SehH Yg d n!La! dR tes KoRan…??
    d L!aT dR Seg! aPa sSeOrng bSa LuLuS aTw gaA”y dR tes koran !tU…??
    aPa dR T!ngg!”y jWban…??
    aPa Krna ktePatan jWban..??
    aPa cOretan d angKa Yg sLah !tU brPengaruh bsaR pDa has!L Tes itu…??

    maaf, saya gak bisa ngerti apa yang Anda tulis 🙂 lain kali tulis dengan kalimat yang jelas ya

  88. julian says:

    Bisa tolong dijelaskan penilaian mengenai psikotes? Yang termasuk soal intelegensia itu soal yang seperti apa? Terima kasih

    penilaian psikotes sangat kompleks yang tidak bisa dijelaskan untuk orang awam. soal inteligensi adalah soal-soal yang berkaitan dengan kecerdasan, bisa berupa angka atau bahasa, dan biasanya berbentuk multiple choice dengan pilihan jawaban benar atau salah

  89. andi says:

    beberapa hari lagi saya ada panggilan di perusahaan swasta untuk test assessment online, yang perlu saya tanyakan apa sih test assessment online itu? dan minta tolong di berikan contoh soal2 nya.
    thanks

    assessment online adalah assesment yang dilakukan melalui fasilitas komputer dan internet. tidak punya contoh soalnya.

  90. sulis says:

    mohon bantuannya…
    saya ada tes psikotest minggu depan di rumah sakit untuk profesi bidan….biasanya apa saja ygakan ditest kan….mohn penjelasannya dn sarannya…karana ini pertama kali saya mengikuti test….terimaksih…

    Maaf saya juga tidak tahu dan belum pernah tes untuk profesi bidan 🙂 Saran saya persiapkan mental Anda dan berusahalah yang terbaik untuk diri Anda

  91. arman says:

    besok saya mau tes psikotes di suatu rumah sakit..tolong kirim contoh soal psikotesnya dong sama car2 jawabnya

    gak punya 🙂

  92. sigih waluyo says:

    mohon bimbingn untuk saya ……. g mna ya caranya mengatasi psikotes yang baik … padahal saya gak terlalu pintar amat .

    Yang pertama kali Anda mesti ingat adalah percaya bahwa diri Anda bisa memberikan yang terbaik pada Anda. bukan masalah pintar atau bodoh, tapi bagaimana bisa menerima kegagalan dan keberhasilan dengan sama baiknya.

  93. nug says:

    pak consultanhr, sebentar lg saya mau psikotest di BUMN perkebunan, apakah testnya berhubungan dgn seputar perkebunan, dan bagaimana cara (trik ) menjawab epps..trims

    aduh, saya gak bisa nebak tesnya akan seputar apa. Persiapkan mental dan jawab sesuai diri Anda 🙂

  94. surya pratama says:

    maaf mbk ada yg saya kurang mengerti,,, mbk, tes assessement itu seperti apa ya mbk ?? apa aja tahap” tes nya, apa kan ada tahapan mengerjakan psikotest atau langsung wawancara ?? terima kasih mbk :)saya butuh informasi, sebab hari rabu sya ada tes assessment di STAN,,,

    assessment itu sangat beragam jenisnya, dan tahapannya pun berbeda-beda tergantung penyelenggara

  95. lutfi says:

    oya minta contoh tes untuk ke perusahaan BUMN….

    gak punya 🙂

  96. lutfi says:

    minta contoh soal psikotes dund untuk ke KS….

    gak punya 🙂 dan kalau ada gak bisa juga dikasih

  97. raisha says:

    knpa ya saya slalu gagal dlm tes psikotest ,,,,
    1. saya gagal dlm tes psikotest dan yng mrhnya lg lhtnya ajja susahh ,,,

    klu bs ajarin donk !!!!

    Belajar menerima kegagalan dengan positif, itu aja dulu 🙂

  98. Rambo Loly Sinurat says:

    saya sering sekali gugur dalam psikotes di perusahaan, kegagalan psikoyes saya terutama dalam EPPS,tolong minta tips

    Kenali diri sendiri dan jawab soal dengan jujur 🙂

  99. elly says:

    Saya berniat melamar posisi chief acc…bisakah memberikan saya contoh soal pysico test dan tips2nya..trm ksh

    Berupayalah yang terbaik untuk diri Anda sendiri 🙂

  100. ina says:

    dear team HR Consultant,

    besok saya akan menghadapi psikotes dlm tahap utk bergabung dgn prusahaan yg saya minati.
    bagaimana cara menjawab pertanyaan2 dlm psikotes yg saya tidak pahami/tidak tahu?

    thx…ina

    Berupayalah untuk memahami instruksinya dengan baik, dan tingkatkan konsentrasi

  101. saiful rijal says:

    mohon tolong dibantu agar sya lolos dalam test psikotes krn sya sering gagal di bagian yang soal cerita ???

    baca soalnya dengan lebih cermat 🙂

  102. f says:

    cara menghadapi psikotes sd gimana sih?

    hadapi dengan tenang dan kerjakan soal-soalnya dengan sebaik mungkin 🙂

  103. edi suwardi ashari says:

    Maaf mbak/mas sy minta pencerahannya hari sabtu sy akan ikut tes d salah satu bank sy ikut dafta bagian admininstrasi. Biasanya soal psikotes seperti apa yg sering muncul dlm tes tsbt. Mohon bimbingan dan bantuannya supaya sy bs berhasil masuk. Terimakash

    Maaf, saya tidak bisa menebak soal tes yang akan muncul 🙂

  104. Stanley says:

    saya sudah dua kali gagal dalam test psikotest, yang pertama test pauli dan yang kedua test gambar, mohon diberitahu tips dan trik dalam menjawab test gambar dan test pauli.
    terima kasih..

    menjadi diri sendiri dan tidak menjadi orang lain, mungkin itu tips yang bisa saya berikan.

  105. Windy says:

    Boleh minta contoh soal tes psikometri untuk masuk kuliah? tgl 25 maret nanti adik saya akan mengikuti tes tersebut, hanya untuk gambaran agar lebih siap. Terima kasih.

    Tidak punya 🙂

  106. joko sugiono says:

    assalammualaikum.wr.wb

    saya joko sugiono MR AIR BUS untuk AREA pekanbaru..
    Alhamdulillah saya telah lulus psikotes di PT.PHAROS INDONESIA.
    saya mohon tolong berikan saya gambaran ujian scarening 1-2.
    saya harap bantuannya..terima kasih.

    Selamat Pak 🙂 Saya tidak bisa membantu untuk permintaan Anda. Semoga sukses

  107. MANI URI says:

    ingin gabung.

    boleh nggak saya ikut bergabung dalam lembaga consultant bapak untuk mengasah kemampuan di bidang psikometri yang saya miliki? apa persyaratannya? thank’s atas perkenannya.

    Boleh, silahkan kirim resume ke email: resume@konsultankarir.com. Tulis di subyek email: psikometri
    Terima kasih.

  108. aksa dinata says:

    saya selalu gagal dalam tes psikotes apakah ada latihan khusus untuk berhasil dalam tes psikotes????karena saya yakin pasti ada jalan keluar>>>bantu aku yach!!!
    kl bsa jgn lama lama krna aq dlm mngu ini mau test rmksh…

    Keyakinan Anda paling tidak memberi Anda kekuatan untuk menerima kegagalan. Jangan terganggu dengan kegagalan yang kemarin, selalu ada kesempatan untuk berhasil asalkan mau mencoba dan tidak putus asa

  109. mutmainnah says:

    Mohon penjelasannya bagaimana teknik pengerjaan soal psikotes menggambar pohon dan orang, apa saja yang menyebabkan gambarnya salah dan gagal..
    terima kasih

    Tidak ada yang salah dalam apa yang Anda gambar. Kegagalan dalam psikotes bukanlah berarti kegagalan dalam hidup Anda, ini hanya menunjukkan bahwa Anda belum cocok dengan pekerjaan yang ditawarkan. Cobalah melamar ke tempat kerja lain, dan jangan terganggu dengan kegagalan ini.

  110. siti nuraisah says:

    saya mau nanya, bgmn tips mengerjakan psikotes ygbener2. karna sya selalu gagal. saya akui saya selalu kesulitan dlm mslah tes matematika, mungkin gr itu sy selalu gagal ada tips gak yg tepat… mohon bantuanya mksh sebelumnya

    Mungkin Anda belum belajar dari kegagalan yang Anda alami :), atau Anda terlalu diganggu dengan ketidakmampuan Anda, yang mana saja dari kedua hal ini, penting sekali untuk memiliki pikiran positif tentang diri sendiri

  111. salam…! terima kasih atas banyak penjelasan di atas.. baru2 ini saya mengikuti psikotest untuk menjadi asisten ombudsman, ada 6 tahapan psikotest yang di jalani, salah satunya adalah karakteristik. soalnya selalu berulang2 dengan opsi yang berbeda…bagaimana cara menghadapi soal yang begini?

    Untuk soal-soal seperti ini tidak ada tipsnya kecuali menjawab dengan jujur, jangan berupaya jadi orang lain atau mencoba mencari-cari item yang saling berkaitan, itu hanya menambah beban Anda sendiri dan belum tentu juga tebakan Anda benar. Yakin bahwa jika pekerjaan ini baik untuk Anda, maka akan Anda dapatkan

  112. satu lagi ya pak..! mungkin ga ketika test menjadi asisten ombudsman psikolognya menilai secara subejktif? karena ketika wawancara oleh psikolog (salah satu tahapan) saya berusaha menjabat tangan sang psikolog (seorang ibu) (menurut literatur yang saya baca ketika kita melakukan wawancara, lebih baik kita bersalaman dulu dengan pewawancara dan memperkenalkan diri) tapi psikolognya tidak mau menjabat tangan saya. menurut analisa saya beliau penganut agama yang taat (dilihat dari segi penampilan), dan ajaran agama beliau mungkin tidak memperbolehkan yang bukan suami isteri untuk berjabat tangan. dan salahnya saya lagi, setelah selesai wawancara juga saya mengulurkan tangan untuk berjabat tangan (secara spontan karena kebiasaan) dan beliau juga menghiraukannya. apa mungkin kejadian itu mempengaruhi hasil wawancara saya?

    Setahu saya setiap psikolog terikat kode etik untuk memberikan penilaian seobyektif mungkin. Sebaiknya Anda tidak berburuk sangka, mungkin interpretasi Anda benar bahwa pewawancara orang yang taat beragama, tapi tidak ada yang bisa dijadikan bukti bahwa hal tersebut mempengaruhi hasil wawancara Anda. Jadi berbaik sangka adalah lebih baik. Pengalaman ini memberi Anda pembelajaran untuk ke depan lebih berhati-hati dalam bersikap 🙂

  113. kanghartoko says:

    Terimakasih,
    Bagus

    Terima kasih juga 🙂

  114. Aurel says:

    Halooo,.duh,.,sebenernya agak mepet nie,.,besok mau ikutan psikotest,.biar sukses,.,mau tanya donk,.,Kalau disuruh gambar pohon n disuruh beri nama pohon tsb,maksudnya nama bagaimana ya?lalu untuk gambar orang juga,.,minta tips detail gambarnya donk,.supaya hasilnya bisa maksimal.,. Terus kalau untuk tes gambar2 kubus dengan corak beda2 di tiap sisi itu gimana tipsnya ya?suka bingung nie,.hehe,.,Thx.,.mohon bantuannya yaa,.:D

    Saran saya cuma satu, jangan panik dan hadapi tes dengan sungguh-sungguh. Ikuti dengan cermat setiap instruksi yang diberikan. Coba kenali diri Anda sendiri dan yakinlah bahwa apapun hasilnya nanti itulah yang terbaik untuk Anda 🙂

  115. nisa azkia says:

    ass

    pak/bu saya mw nanya, bagaimana caranya agar perasaaan grogi itu hilang saat mengerjakan psikotesnya, soalnya saya ketika SMP dan SMA ini 2 minggu yang lalu pas mengerjakannya grogi itu muncul. jadi kurang fokus untuk mengerjakannya

    trimakasih 😀

    Saat grogi datang, coba tarik nafas dalam-dalam dan keluarkan dengan perlahan. Buat diri Anda nyaman dengan situasi yang ada. Dan cobalah bersikap tenang, jangan panik. Setiap orang pasti pernah mengalami hal ini, dan Anda tidak sendiri.

  116. Astini says:

    Saya mengikuti test psikotes pertamina gagal terus setiap soal UI tolong dong bagaimana siasatinya sudah 6 x berturut – turut selalu gagal

    Terus mencoba selama masih ada kesempatan, ada yang bilang untuk mencoba hingga sembilan kali untuk menunjukkan bagaimana persistensi Anda. Jadi selama masih belum sembilan kali gagal, Anda masih punya kesempatan.

  117. Zeeefaa says:

    Tes harisson kok sptnya menjawab semua alat tes yang ada tanpa harus kuliah di fakultas psikologi.adakah alat tes yg setara dg itu

    Mungkin karena tes itu dirancang untuk menggali banyak aspek psikologis yang terkait dengan dunia kerja. Setahu saya saat ini banyak tes-tes psikometri yang dirancang untuk keperluan tertentu dan menggali banyak aspek psikologis, tergantung tujuan dan keperluan tes tersebut dibuat. Akan tetapi, tidak ada satu alat yang mampu memenuhi pengukuran semua aspek psikologis manusia. Selalu ada keterbatasan dari satu alat tes psikometri. Jadi pastinya tes Harrison juga tidak mengukur hal-hal lain yang tidak diukur alat tes tersebut.

  118. mery says:

    tolong bantu saya untuk menghadapi test, karena saya kemarin gagal test… terutama pada test logika dll. sekalian jawabannya. mohon di bantu ya

    yang bisa membantu diri Anda hanya Anda sendiri. Yakin pada kemampuan Anda dan jangan terpaku dengan kegagalan. Caritahu dimana kelemahan Anda dan berupaya untuk menjadi lebih baik lagi. itu adalah kunci sukses Anda

  119. ipung says:

    Tolong kasih soal2 pshycotes dan jawabannya dong,masalahnya ada promosi kenaikan jabatan supervisor buat saya.tolong bantu saya yah…krn ini kesempatan yang kedua buat saya,kesempatan pertama gagal.thanks atas bantuannya.

    Maaf tidak bisa 🙂

  120. Cdy says:

    Sy barusan gagal dlm tes psikotest di perbankan.. Sy jg bingung apa penyebab nya. Namun jika saya dr pandangan sy, sy merasa kesulitan dgn test yg disuruh menggambar orang dan mendeskripsikan org tsb. Ini pertama x nya sy ikut tes psikotest. Sedih juga sih gagal gt smntara temen2 lain lolos

    teruslah berusaha, jangan putus asa. Setiap kali menjalani tes, tingkatkan konsentrasi dan mental Anda, serta yakin bahwa apa yang akan Anda dapatkan adalah yang terbaik untuk Anda.

  121. Corry says:

    Hallo Pak/Bu,

    Aspek apa saja yang dinilai dari seorang sekretaris?
    Terima kasih.

    seorang sekretaris akan banyak berinteraksi dengan orang sehingga kemampuan interpersonal skill akan dibutuhkan. Perlu memiliki manajemen waktu yang baik, selain juga mesti bisa tegas dalam bersikap dan cepat dalam memenuhi kebutuhan atasan yang menjadi tanggung jawabnya. Akan tetapi yang terpenting adalah kecocokan chemistry antara atasan dan diri Anda sendiri. Jadi sebaiknya tampilkan diri Anda sebagai diri Anda, hindari menjadi orang lain

  122. satria says:

    mohon bantuanya contoh tes online besrta penjelasanya

    bisa dicek ke google, dengan keyword tes online atau psychometric test

  123. di tempat kerja saya akan di adakan psikotes ulang karyawan besok tgl 23 juni 2013 mohon Tlong beri saya soal tentang Test Psikotets skalian dgn jawabannya y?? u/ menghdp?i ujian mhoon dibantu tggu..infrms..balik. Trims

    Persiapkan mental sebaik mungkin. Semoga sukses 🙂

  124. Nico Alexandros says:

    Dear : Bloger

    Minta tolong, kasih soal psikotest yg ada gambar dalam kotak. Kita harus memilih jawaban yg paling tepat untuk kotak yg kosong. Itu dilihat dari urutan gambar dalam kotak sebelumnya. Semoga anda dapat mengerti maksud saya. Thanks

    Regards,
    Nico Alexandros

    saya tidak paham dan tidak ada yang bisa dibantu dalam hal ini 🙂

  125. kandi says:

    rencananya ditempat saya kerja mo diadakan tes psikometri,tujuannya untuk jenjang karier,,,saat ini posisi saya sebagai SPV Prod,
    smoga hasilnya memuaskan,tapi klo tidak lolos smoga tidak berpengaruh pada posisi kerja saya saat ini,,,amin.

  126. Anonymous says:

    Salam kenal pak. Saya mau bertanya , bagaimana jika orang – orang yang lemah di bidang matematika harus mengisi test penalaran? Lalu apabila test gak tahu, lebih baik terisi atau dikosongkan? Terimakasih

    • consulthr says:

      yang penting dengarkan instruksinya baik-baik, apakah jawaban salah mengurangi nilai atau tidak. Bila tidak, maka usahakan untuk menjawab semua pertanyaan

  127. Evand says:

    Saya Mau Berbagi Cerita- KISAH SUKSES Lolos Jadi PNS Guru di Lingkungan Pemda daerah JAWA TIMUR.assalamu Alaikum wr wb-, Saya Ingin Berbagi cerita kepada Anda, Bahwa dulunya Saya hanya Seorang tenaga Honorer di Sekolah Dasar LAMONGAN JATIM. Sudah 8 Tahun Saya Jadi Tenaga honorer Belum diangkat Jadi PNS,Bahkan Saya Sudah berkali2 mengikuti Ujian, Dan membayar 40jt namun hasilnya nol Uang pun TIDAK Kembali, bahkan Saya Sempat putus asa,Namun Teman Saya memberikan no tlp Bpk.Drs. DEDE SARIF, M.Si Selaku petinggi di BKN Pusat Yang di Kenalnya selaku kepala DIT Pengadaan PNS. Saya pun coba menghubungi beliau Dan beliau menyuruh Saya mengirim Berkas Saya melalui Email, Alhamdulillah No Nip Dan SK Saya Akhirnya Keluar. Dan itu membuat saya bangga, tentunya sy pun Sangat Gembira sekali,Jadi apapun keadaan Anda skarang Jangan Pernah putus asa Dan Terus berusaha, kalau Sudah Waktunya tuhan pasti kasih jalan,Ini Adalah kisah Nyata Dari Saya. Untuk hasil ini Saya ucapkan terimakasih kepada.1. Semua Teman, Sahabat Dan Keluarga Yang Telah Memberikan Dorongan Dan Dukungannya.. 2. Terimakasih untuk khususnya Bpk.Drs. DEDE SARIF, M.Si Di BKN PUSAT, Dan Dialah Yang membantu Kelulusan saya, Alhamdulillah SK Saya Tahun ini Bisa keluar. Teman Teman yg ingin seperti Saya silahkan Anda Hubungi Direktorat Pengadaan PNS, Bpk.Drs. DEDE SARIF, M.Si .No Tlp; 081-998-448-206, Siapa tau beliau Masih mau membantu, seperti beliau membantu sy dulu. Dan Semoga Artikel Bermanfaat Kepada Bpk & Ibu. Terima Kasih

  128. Dion says:

    Dear consultant,

    Untuk psikotes level manager hal apa yang dinilai? Mohon infonya ya

  129. Taufiq says:

    Mohon infonya konsultan, apakah ada jasa untuk mengajarkan soal-soal numerik dan verbal ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Buku

Subscribe Artikel

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 8 other subscribers

Polling

Apakah Anda sudah merasa cocok dengan karir Anda saat ini?

View Results

Loading ... Loading ...

Latest Tweet

Subscribe Newsletter

Quotes of the day

Failure is not a single, cataclysmic event. You don't fail overnight. Instead, failure is a few errors in judgement, repeated every day.
Jim Rohn