Resensi Buku – Magic Numbers for Human Resources Management

Magic Numbers for Human Resource Management:  Basic Measures to Achieve Better Results

Pengarang: Hugh Bucknall dan Zheng Wei

———————————————————————————————————————————

hr consultant

Tahun Terbit: 2006

Penerbit: John Wiley & Sons (Asia) Pte Ltd

——————————————————————————————————————————–

Sebagai orang HR, Anda seringkali dihadapkan pada pertanyaan bagaimana cara mengukur aspek-aspek HR sehingga Anda dapat mengambil keputusan yang tepat dan bermanfaat bagi manajemen? Nah buku ini memberikan jawaban atas pertanyaan tersebut. Dengan format bahasa yang lugas dan langsung ke sasaran, Anda dituntun untuk menggunakan satu demi satu rumus-rumus metris dan bagaimana mengukur hampir semua aspek dalam HR. Tentunya semua pengukuran menggunakan pendekatan kuantitatif.

Buku ini membantu Anda menjawab pertanyaan-pertanyaan yang sering muncul pada orang-orang HR, yaitu:

– Apakah ukuran-ukuran HR yang paling sering digunakan?

– Ukuran HR apakah yang paling populer?

– Apakah makna sesungguhnya dari ukuran-ukuran tersebut?

– Bagaimana menggunakan pengukuran tersebut secara strategis?

Penulis buku ini membagi pengukuran HR ke dalam tiga besar komponen inti HR , yakni: (1) produktivitas dan efisiensi, (2) Staffing dan Learning, (3) Talent and Reward. Setiap pengukuran dirancang dengan hati-hati dan dengan hasil kalkulasi yang dijelaskan secara detail sehingga memudahkan pembaca untuk langsung menerapkannya. Buku ini juga menjelaskan mengapa dan bagaimana pengukuran tersebut berguna.

Secara total, buku ini terdiri dari 36 bab yang berarti terdapat 36 pengukuran HR di buku ini. Dimulai dari bagaimana mengukur tingkat absen berdasarkan job category dan job performance dan ditutup dengan teknik mengukur total compensation expense per employee. Di masing-masing komponen inti yang telah disebutkan di atas dibagi lagi kedalam beberapa pengukuran sebagai berikut; komponen produktifitas dan efisiensi terdapat 19 pengukuran. Komponen staffing and learning 9 pengukuran, dan komponen talent and reward 8 pengukuran.

Pada setiap bab diberikan definisi pengukuran tersebut, formula yang digunakan, komponen pengukurannya, dimana data didapat, contoh, dan makna dari hasil yang didapat. Sungguh buku yang sangat bermanfaat bagi Anda yang berkecimpung di dunia HR.

Buku ini juga dilengkapi dengan glossary, sehingga jika ada istilah yang kita tidak mengerti kita dapat mengacu ke bagian ini. Mungkin yang jadi masalah bagi orang HR terhadap aplikasi buku ini adalah jika data-data yang akan diolah tidak ada. Berarti Anda mesti mengumpulkan datanya dulu yang belum tentu sudah ada. Namun, bagaimanapun Anda dapat segera memulainya untuk membantu Anda menjadi HR Partner di perusahaan Anda. Selamat mengukur.


Share this post :
Tagged with: , , , , , , , , , , , ,
Posted in Resensi Buku

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Buku

Subscribe Artikel

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 8 other subscribers

Polling

Apakah Anda sudah merasa cocok dengan karir Anda saat ini?

View Results

Loading ... Loading ...

Latest Tweet

Subscribe Newsletter

Quotes of the day

There are no accidents... there is only some purpose that we haven't yet understood.
Deepak Chopra