Hasil Polling

kepribadian,inteligensi,karir,minat,bakat

“Apakah hal yang paling ingin Anda ketahui secara mendalam dari diri Anda”

Polling ini dilakukan cukup lama, 1 tahun 4 bulan (Des 2008 – April 2010), berhasil menjaring 3181 responden. Sebuah jumlah yang sangat banyak untuk sebuah polling, semoga hasilnya menggambarkan kenyataan sebenarnya tentang apa yang ingin kita ketahui tentang diri kita sendiri.

Berikut ini adalah hasilnya, diurutkan berdasarkan peringkat.

Apakah hal yang paling ingin Anda ketahui secara mendalam dari diri Anda?:

1. Kepribadian, 1186 pemilih (37%)

2. Inteligensi/kecerdasan, 553 (17%)

3. Minat karir, 382 (12%)

4. Bakat, 327 (10%)

5. Kompetensi, 263 (8%)

6. Gaya Kepemimpinan, 216 (7%)

7. Sikap kerja, 130 (4%)

8. Orientasi seksual, 83 (3%)

9. Values, 42 (1%)

Berdasarkan hasil di atas dapat disimpulkan bahwa 37% (sebuah persentase yang cukup besar) sangat ingin mengetahui tentang sosok seperti apa yang ada dalam diri sendiri. Sungguh hal yang menarik, namun juga menunjukkan bahwa manusia cenderung tertarik dengan diri mereka sendiri dan menginginkan untuk memahami lebih spesifik tentang karakteristik yang mendasar.

Dari hasil di atas juga terlihat bahwa peringkat 1 – 4 (kepribadian, inteligensi, minat karir, dan bakat) jelas berhubungan dengan manusia sebagai suatu pribadi yang penasaran dengan diri sendiri atau lebih tepatnya ingin tahu seperti apa mereka sebenarnya. Sejauhmana tingkat kecerdasan mereka, apa minat dan bakat yang mereka miliki dan ini adalah hal yang wajar, mengingat manusia berupaya mengembangkan diri sendiri dan dengan mengetahui sedetil-detilnya diri mereka, mungkin akan membantu mengarahkan jalan yang harus ditempuh.

Sementara peringkat 5 sampai 7 (kompetensi, gaya kepemimpinan, dan sikap kerja) menunjukkan concern seseorang terhadap kemampuan mereka di tempat kerja, bagaimana mereka dilihat orang lain dalam interaksinya dengan rekan kerja, atasan, bawahan, atau klien. Artinya untuk sukses di tempat kerja, manusia memang diharapkan untuk mengetahui tiga hal di atas.

Kelompok terakhir, peringkat 8 dan 9 (orientasi seksual dan values), ternyata ini adalah dua hal terakhir yang ingin diketahui oleh sebagian besar pemilih, hanya sekitar 4% saja responden yang memilih ini. Orientasi seksual bukanlah hal yang signifikan dalam hidup, kecuali ada sesuatu yang memang membuat kita tidak yakin dengan orientasi tersebut, perlulah kita bertanya-tanya.

Hal yang paling menarik justru pada keinginan manusia untuk mengetahui tentang values, hanya 1% saja yang ingin tahu tentang values yang ada dalam dirinya, ini sebuah hal yang menarik sekaligus miris. Hal ini bisa diartikan dua kemungkinan.

Pertama, diri kita sudah sangat paham dengan values atau nilai-nilai yang dianut dalam hidup sehingga tidak perlu lagi mencari tahu tentang nilai-nilai hidup. Kedua, kebalikan dari pertama, values bukanlah hal yang penting untuk diketahui dan values tidak ada kaitannya dengan hidup. Mana yang tepat? Diserahkan pada Anda….

“We continue to shape our personality all our life. If we knew ourselves perfectly, we should die.” (Albert Camus, French novelis & essayist)


Share this post :
Tagged with: , , , , , , ,
Posted in Lain-lain

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Buku

Subscribe Artikel

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 8 other subscribers

Polling

Apakah Anda sudah merasa cocok dengan karir Anda saat ini?

View Results

Loading ... Loading ...

Latest Tweet

Subscribe Newsletter

Quotes of the day

Failure is not a single, cataclysmic event. You don't fail overnight. Instead, failure is a few errors in judgement, repeated every day.
Jim Rohn